Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Catat Pengiriman Smartphone Terbanyak

Kompas.com - 20/04/2015, 12:58 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Memasuki awal 2015, Samsung masih menjadi pabrikan smartphone terbesar di dunia. Hal itu tercermin dari laporan firma riset pasar TrendForce yang menyebutkan bahwa pabrikan asal Korea Selatan tersebut mengkapalkan 81 juta smartphone pada kuartal pertama tahun ini.

Pangsa Samsung di pasar smartphone pun, menurut TrendForce, mengalami kenaikan dari 24,7 persen pada kuartal IV 2014 menjadi 27,8 persen pada kuartal I 2015 sehingga makin menjauhi Apple yang duduk di urutan kedua dengan pangsa 19,9 persen.

Angka-angka lansiran TrendForce belum termasuk pengkapalan dua smartphone andalan baru Samsung, Galaxy S6 dan Galaxy S6 Egde yang memang baru resmi dirilis pada 10 April lalu.

TrendForce Pengkapalan smartphone sepanjang kuartal-1 2015, menurut firma riset TrendForce


Kedua ponsel flagship tersebut diprediksi bakal mencatat angka pengkapalan melebihi 20 juta unit pada kuartal kedua tahun ini.

"Galaxy S6 dan Galaxy S6 Edge berhasil mencuri perhatian konsumen di kuartal pertama," sebut laporan TrendForce yang dirangkum Kompas Tekno dari Digital Trends, Senin (20/4/2015).

Setelah Samsung dan Apple, pabrikan Tiongkok Huawei duduk di urutan ketiga dengan pangsa pasar smartphone sebesar 7 persen, disusul LG dan Lenovo yang masing-masing menguasaai 6,2 persen dan 6 persen. Sebanyak 33 persen sisanya berasal dari merek-merek lain.

Pada kuartal pertama tahun ini, TrendForce mencatat angka pengkapalan smartphone keseluruhan sebesar 291,2 juta unit di seluruh dunia, menurun dari 320,8 juta unit yang terekam di kuartal sebelumnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com