Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Ambil Alih Takhta Apple di Pasar HP Global

Kompas.com - 15/04/2024, 10:00 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pada tiga bulan terakhir 2023 (kuartal IV-2023), beberapa firma riset pasar menobatkan Apple sebagai penguasa pasar ponsel dunia.

Namun kini di awal 2024, "takhta" Apple harus direbut oleh kompetitornya asal Korea Selatan, Samsung. Penjualan Samsung pada kuartal I-2024 disebut melampaui Apple.  Hal ini berdasarkan laporan terbaru kondisi pasar ponsel global dari firma riset Counterpoint.

Menurut data mereka yang dikutip kantor berita TheKoreaTimes, performa penjualan HP Samsung moncer di tiga bulan pertama 2024 dengan pangsa pasar 20 persen.

Angka tersebut melampaui raihan pangsa pasar Apple yang 18 persen.

Baca juga: Pasar HP Mid-range di Indonesia Makin Sesak, Ini Strategi Samsung Dongkrak Penjualan

Secara rinci, Counterpoint Research mencatat Samsung berhasil menjual 19,69 juta unit ponsel di kuartal I-2024, lebih banyak dari Apple dengan total penjualan sekitar 17,41 juta unit di periode yang sama.

Didorong oleh Galaxy S24 series

Menurut Counterpoint Research, bersinarnya Samsung di awal tahun ini didorong oleh larisnya ponsel flagship terbaru mereka, yaitu Galaxy S24 Series.

Samsung Galaxy S24 Series, yang terdiri dari Galaxy S24 reguler, S24 Plus, dan S24 Ultra meluncur secara global pada Januari lalu. 

Fitur yang dijagokan Samsung di ponsel tersebut, yaitu Galaxy AI, tampaknya mampu menarik minat calon peminat ponsel flagship di seluruh penjuru dunia, terutama untuk pasar Amerika Serikat (AS) dan Eropa.

Baca juga: Penjualan iPhone dan iPad Lesu, Pendapatan Apple Anjlok

Di kedua wilayah ini, pangsa pasar Samsung di kuartal I-2024, menurut Counterpoint Research, masing-masing berada di angka 36 persen dan 34 persen.

Secara spesifik di AS, Apple masih mendominasi pasar ponsel di wilayah tersebut. Namun, pangsa pasarnya di kuartal I-2024 turun dari 64 persen ke 48 persen, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari TheKoreaTimes, Senin (15/4/2024).

Lantas, apakah Apple akan kembali merebut posisi pertama sebagai ponsel terlaris di dunia di beberapa bulan ke depan? Kita nantikan saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com