Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Internet Gratisan Dilarang, Bos Facebook Hengkang

Kompas.com - 16/02/2016, 19:20 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Pekan lalu, pemerintah India resmi melarang layanan internet gratis Facebook Free Basics. Hanya selang beberapa hari, pimpinan Facebook India Kirthiga Reddy mengumumkan pengunduran dirinya.

Tepatnya, Reddy bakal kembali mengurus Facebook pusat di Menlo Park, California, AS. Posisinya di India akan digantikan orang baru yang hingga kini belum ditetapkan.

Sembari mengurus perpindahannya, Reddy akan turut mencari pengganti dirinya hingga enam atau 12 bulan ke depan. Ia bakal dibantu MD Facebook APAC William Easton dan VP Facebook APAC Dan Neary.

Semua informasi itu tertuang pada sebuah tulisan yang diunggah Reddy ke akun Facebook personalnya, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Selasa (16/2/2016) dari WSJ.

"Ketika saya dan keluarga ditempatkan di India, kami tahu suatu hari nanti kami akan kembali ke AS," begitu Reddy membuka tulisannya.

Ia tak menjelaskan secara spesifik alasan kepindahannya. Beberapa orang berspekulasi keputusan mendadak Reddy ada kaitannya dengan pelarangan Free Basics di India.

Pun begitu, Reddy enggan berkomentar lebih lanjut. Ia berkilah ingin terlibat pada urusan bisnis Facebook global di kantor pusat. Hal itu diamini juru bicara Facebook.

"Kirthiga Reddy telah merencanakan jauh hari kepindahannya ke AS untuk bekerja dengan tim pusat," kata dia. "Selama di India, Kirthiga tak terlibat dalam upaya layanan Free Basics kami," ia menambahkan.

Diketahui, Reddy memegang pucuk kepemimpinan Facebook India sejak 2010 silam. Selama kurang lebih enam tahun, ia telah mengembangkan perusahaan jejaring sosial tersebut di India, dengan satu visi utama: "memberikan akses ke orang-orang untuk saling berbagi sehingga membuat dunia lebih terbuka dan terkoneksi," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com