Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Dia, Penyebab Komputer dan Laptop Baru Tidak Laku

Kompas.com - 13/06/2016, 09:57 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Alih-alih membantu mendongrak angka pemasaran PC (komputer desktop dan laptop), program upgrade gratis ke Windows 10 yang digulirkan oleh Microsoft justru menghasilkan efek sebaliknya.

Setidaknya begitulah menurut lembaga riset pasar IDC yang memprediksi bahwa angka pengapalan PC bakal menurun sebesar 7,3 persen secara year-on-year tahun ini.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Inquirer, Senin (12/6/2016), selain kondisi pasar, IDC menyebutkan program upgrade gratis ke Windows 10 sebagai salah satu faktor yang menghambat penjualan PC baru.

“Tekanan finansial terhadap konsumen di berbagai wilayah, serta keberadaan alternatif seperti menunda pembelian PC dengan memakai upgrade Windows 10 gratis atau lebih mengandalkan perangkat lain, terus menekan pengapalan PC untuk pengguna rumahan,” tulis IDC dalam laporannya.

Microsoft getol mendorong pengguna Windows 7 dan 8.1 agar melakukan upgrade gratis ke Windows 10. Sejauh ini OS terbaru itu sudah terpasang di lebih dari 300 juta perangkat.

Namun, seperti yang disebutkan IDC di atas, para pengguna justru menjadi enggan memperbarui PC miliknya karena masih bisa terasa “baru” dengan melakuan upgrade PC lama ke Windows 10.

Upgrade gratis Windows 10 tak berlangsung selamanya. Setelah tanggal 29 Juli, pengguna yang ingin melakukan upgrade akan dikenai biaya senilai Rp 1,5 juta.

Selain karena update Windows 10, IDC juga menyebutkan bahwa pasaran PC -terutama laptop- makin terancam oleh popularitas perangkat tablet jenis hybrid dengan keyboard yang bisa dilepas-pasang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com