Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lenovo Umumkan Laptop Bisnis Baru ThinkPad L Series dan X Series

Kompas.com - 22/04/2024, 18:03 WIB
Caroline Saskia,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Lenovo merilis laptop bisnis baru dari seri ThinkPad, yakni L series dan X13 series. Ada enam model yang diperkenalkan yaitu ThinkPad L14 i Gen 5, L16 i Gen 1, L13 Gen 5, L13 2-in-1 Gen 5, X13 Gen 5, dan X13 2-in-1 Gen 5.

Perbedaan tiap varian terletak pada ukuran layar. Lenovo ThinkPad L16 menawarkan layar berukuran 16 inci, ThinkPad L14 memiliki layar 14 inci, dan ThinkPad L13 menawarkan layar lebih ringkas, yaitu 13 inci.

Semua model yang diperkenalkan ditenagai oleh prosesor Intel Core Ultra serta Intel vPro. Gabungan antara keduanya menawarkan fitur kecerdasan buatan (AI/Artificial Intelligence) yang sudah ditingkatkan untuk menunjang produktivitas pengguna. 

Intel Core Ultra juga sudah mendukung lebih dari 100 aplikasi yang sudah mengandalkan AI. Beberapa di antaranya adalah Zoom, Microsoft Teams, Adobe Lightroom, dan Studio Effects.

Dengan mengakses aplikasi tersebut, pengguna bisa menggunakan kemampuan AI untuk memprediksi teks, transkrip meeting, meringkas email, dan masih banyak lagi.

Dalam keterangan yang diterima KompasTekno, Senin (22/4/2024), ThinkPad L series dan X 13 series kali ini juga menambah dukungan dari Neural Processing Units (NPU) untuk meningkatkan kemampuan AI. Mulai dari pengenalan gambar, pemrosesan bahas alami, hingga pembelajaran mesin.

Baca juga: Trio Laptop Lenovo ThinkPad L Terbaru Meluncur, Lebih Gampang Diperbaiki

Lenovo juga menghadirkan tombol keyboard baru untuk mengaktifkan Copilot di WIndows. Tombol tersebut diklaim dapat menyederhanakan tugas, mengontrol pengaturan, dan memudahkan pengguna mengakses fitur AI dalam satu kali tekan. 

Laptop bisnis baru Lenovo, seri ThinkPad L dan ThinkPad X13 menunjukkan dedikasi Lenovo terhadap inovasi dan peningkatan dalam hal berkelanjutan, dengan menawarkan fitur perbaikan yang lebih mudah, manajemen daya lebih efisien,” pungkas Tom Butler, Direktur Eksekutif IG Comercial Product Portofolio Lenovo.

Lenovo ThinkPad L16 Gen 1 yang tengah digunakan untuk telekonferensi videoLenovo Lenovo ThinkPad L16 Gen 1 yang tengah digunakan untuk telekonferensi video

Tidak cuma itu, laptop baru Lenovo ini juga menggunakan bahan daur ulang untuk mengurangi emisi, serta meningkatkan keberlanjutan produk bikinannya. Lenovo sudah mulai mengembangkan rantai pasokan, layanan, desain produk, dan bahan yang inovatif.

Salah satu bentuk komitmennya tertuang dalam fitur Optical Film yang ada di laptop terbaru Lenovo.

Selain memastikan layar laptop menawarkan kecerahan yang cukup, Lenovo juga berupaya mengurangi konsumsi daya hingga 16 persen dan meningkatkan efisiensi energi, tanpa mengorbankan kejernihan visual.

Menurut Lenovo, langkah ini menjadi komitmen dan keputusan terbaik yang diberikan kepada pengguna, untuk bisa terus memperhatikan soal konsumsi energi. Lenovo juga bermitra dengan iFixit untuk memperpannjang masa pakai mesin dan mengurangi limbah elektronik.

Spesifikasi ThinkPad L16 series

Lenovo ThinkPad L16 series terdiri dari dua model. Keduanya adalahh ThinkPad L16 i Gen 5 dan ThinkPad L16 Gen 5. perebedaan dari keduanya terletak pada bagian prosesor dan pengolah grafis,

ThinkPad L16 i Gen 5 ditenagai Intel Core Ultra dan pengolah grafis dari Integrated Intel Arc, sedangkan model satunya ditenagai AMD Ryzen 7030 series dan grafis dari Integrated AMD Radeon Graphics. Keduanya sama-sama dipadu dengan RAM hingga 64 GB dan storage mencapai 2 TB SSD.

Selebihnya, spesifikasi dari keduanya serupa. Sama-sama memiliki layar 16 inci berpanel WUXGA IPS dengan rasio 16:10. Layar memiliki tingkat kecerahan 300 nits hingga 400 nits tergantung dari model yang dipilih, layar sentuh atau tidak layar sentuh.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com