Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lenovo Bikin Laptop Pertama dengan Memori Baru LPCAMM2

Kompas.com - 26/04/2024, 18:08 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber TechSpot

KOMPAS.com - Sejumlah pabrikan telah mengumumkan produk RAM jenis baru bernama Low Power Compression Attached Memory Module atau LPCAMM. Salah satunya Micron yang memperkenalkan produk LPCAMM2 pada awal tahun ini.

Kini, Lenovo bakal membuat laptop pertama dengan modul memori anyar yang digadang-gadang akan menggantikan tipe memori SO-DIMM tersebut. Laptop dimaksud adalah ThinkPad P1 Gen 7 yang rencananya akan dirilis pada Mei mendatang.

Dibandingkan modul memori SO-DIMM tradisional, LPCAMM menawarkan kelebihan berupa bentuk fisik yang lebih kecil sehingga menghemat tempat, dan konsumsi daya lebih irit.

Baca juga: SanDisk Luncurkan Kartu Memori MicroSD 1,5 TB, Diklaim Terkencang di Dunia

Menurut klaim Lenovo, memori LPCAMM2 di laptop ThinkPad P1 Gen 7 memangkas konsumsi daya hingga 61 persen dan menghemat tempat hingga 64 persen dibandingkan memori DDR5 SO-DIMM.

Laptop ThinkPad P1 Gen 7 sendiri memiliki layar sentuh dengan panel OLED 16 inci serta aspect ratio 16:10. Prosesornya menggunakan Intel Core Ultra 9 185H, dan ada opsi storage SSD M.2 PCIe hingga 8 TB.

Laptop Lenovo ThinkPad P1 Gen 7 dengan memori LPCAMM2Lenovo Laptop Lenovo ThinkPad P1 Gen 7 dengan memori LPCAMM2
Untuk pengolah grafis disediaaan opsi integrated graphics Intel Arc hingga Nvidia GeForce RTX 4070, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari TechSpot, Jumat (26/4/2024).

Fitur-fitur lain mencakup konektivitas WiFi 7, Bluetooth 5.3, serta dua port Thunderbolt 4, satu USB C 10 Gbps, satu USB A 5 Gbps, satu HDMI 2.1, audio jack, dan SD Express 7.0 card reader. Ada juga privacy shutter untuk webcam dan tombol daya dengan sekuriti biometrik.

Baca juga: Lenovo Umumkan Laptop Bisnis Baru ThinkPad L Series dan X Series

Harga Lenovo ThinkPad P1 Gen 7 belum diketahui, tapi diperkirakan akan mulai di kisaran 2.600 dollar AS atau Rp 42,2 juta.

Apa itu LPCAMM?

Sebelum ditetapkan sebagai standar baru pengganti SO-DIMM, memori tipe Compression Attached Memory Module (CAMM) pertama kali dibuat oleh engineer senior Dell, Tom Schnell, dan hadir perdana lewat workstation mobile Dell Precision 7670 pada 2022.

Alih-alih membuatnya sebagai teknologi proprietary untuk pihaknya sendiri, Dell memberikan CAMM ke JEDEC -lembaga standarisasi memori di industri komputer- untuk digunakan sebagai standar memori baru di laptop.

JEDEC memfinalisasi standar CAMM2 (memori CAMM generasi kedua dengan chip LPDDR5/X dan DDR5) pada Desember 202. Tak lama berselang, Micron mengumumkan produk modul LPCAMM2 pertamanya dalam pameran CES 2024 di Las Begas, AS, pada Januari 2024.

Standar memori LPCAMM menggabungkan kelebihan dari dua jenis memori sebelumnya, yakni SO-DIMM (Small Outline Dual In-Line Memory Module) dan LPDDR (Low-Power Double Data Rate).

Baca juga: Samsung Perkenalkan Memori LPCAMM untuk Laptop, Kencang dan Bisa Di-upgrade

LPDDR memiliki kecepatan tinggi dan hemat tempat, tapi mesti disolder di motherboard sehingga kapasitasnya tak bisa ditambah (upgrade) di kemudian hari dan sulit diperbaiki.

Sebaliknya, SO-DIMM bersifat modular dan dapat dibongkar pasang dengan mudah, termasuk untuk upgrade, tapi kecepatannya tak setinggi LPDDR.

Nah, LPCAMM memadukan kelebihan dua jenis memori tadi sekaligus mengatasi kekurangannya. LPCAMM kencang seperti LPDDR karena memang menggunakan chip memori LPDDR5X, sekaligus modular dan bisa di-upgrade seperti SO-DIMM.

Meskipun demikian, ukuran fisik modul LPCAMM masih relatif lebih besar dibandingkan LPDDR yang biasanya dipakai untuk produk laptop tipis.

Jadi, LPCAMM agaknya tidak akan sepenuhnya menggantikan LPDDR, terutama yang diintegrasikan langsung ke kemasan SoC seperti pada chip Apple seri M di laptop MacBook.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com