Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Facebook dan Instagram Sempat "Down", Warganet Mengeluh di Twitter

Kedua jejaring sosial milik Mark Zuckerberg tersebut tidak bisa diakses dengan lancar di sejumlah wilayah, termasuk Indonesia.

Melalui Twitter, para pengguna melaporkan tidak dapat me-refresh halaman muka kedua media sosial tersebut.

Kejadian tersebut berlangsung kurang dari satu jam dan sekitar pukul 05.15 WIB layanan Facebook dan Instagram berangsur pulih. Kabar pemulihan pun diunggah akun resmi Instagram di Twitter berikut.

Pada Maret lalu, keluhan serupa pernah terjadi. Pengguna Instagram banyak yang melaporkan bahwa Instagram memunculkan pop-up "error". Beberapa lainnya mengaku Instagram tidak bisa memuat linimasa dan menampilkan pop-up "couldn't refresh".

Sebelum layanan berangsur pulih, situs Downdetector.id mencatat ada ratusan laporan yang membanjiri website tersebut terkait layanan Facebook dan Instagram.

Untuk Facebook, ada 310 laporan yang tercatat pada pukul 04.38 WIB, di mana sebagian ebsar laporan berasal dari pengguna yang tidak bisa mengakses platform tersebut sama sekali.

Sementara untuk Instagram, ada sekitar 397 laporan yang masuk ke situs Downdetector pada pukul 04.26 WIB. Mayoritas pengguna mengeluhkan bahwa mereka tidak bisa mengakses News Feed atau lini masa Instagram.

Mengeluh di Twitter

Berbagai laporan soal Facebook dan Instagram yang tumbang juga sempat menjejali jejaring sosial Twitter.

Karena banyak pengguna yang mengeluh, tagar #instagramdown ramai dibicarakan dan bahkan sempat menjadi trending topic di Twitter.

Pantauan KompasTekno, Jumat (9/4/2021) pukul 06.27 WIB, tagar tersebut berada di 10 besar trending topic Twitter di Indonesia dengan jumlah sekitar 68.600 twit.

Pengguna bernama @dzikridityam mengaku tidak bisa menggunakan fitur pencarian di Instagram, sedangkan @Aijeun_ mengklaim bahwa ia tidak bisa mengakses aplikasi Instagram miliknya.

https://tekno.kompas.com/read/2021/04/09/06590577/facebook-dan-instagram-sempat-down-warganet-mengeluh-di-twitter

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.