Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Menerjemahkan Bahasa Asing di Instagram Feed dan Stories

KOMPAS.com - Beragam konten yang tersiar di Instagram, baik itu postingan Instagram Feed atau Instagram Story, bisa memiliki bahasa yang berbeda-beda.

Hal ini karena Instagram tersedia secara global dan pengguna yang terdaftar di dalamnya juga bisa berasal dari berbagai negara, termasuk Indonesia.

Nah, untuk memudahkan pengguna melihat atau membaca postingan berbahasa asing, Instagram beberapa waktu lalu sempat fitur untuk menerjemahkan (translate) berbagai konten yang mengalir di Instagram.

Konon, fitur ini diklaim bisa menerjemahkan kurang lebih 90 bahasa yang ada di dunia, termasuk bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

Untuk mekanisme kerjanya sendiri, Instagram nantinya akan mendeteksi apakah ada teks berbahasa asing yang terdapat dalam postingan Instagram Feed atau Stories yang sedang pengguna lihat.

Jika ada, maka Instagram bakal memunculkan tombol "See Translation" yang bisa diklik untuk menerjemahkan konten tersebut ke bahasa utama.

Adapun bahasa utama di Instagram bisa diubah di menu "Settings" > "Account" > dan "Language". Di laman tersebut, pilih bahasa utama yang Anda inginkan, sebagaimana ilustrasi gambar berikut ini.

Lantas, bagaimana cara menerjemahkan postingan Instagram Feed atau Instagram Stories melalui aplikasi Instagram?

Cara translate IG Story di aplikasi Instagram

Langkah untuk menerjemahkan postingan Instagram Stories sebenarnya serupa dengan Instagram Feed. Bagaimana caranya?

Perlu dicatat, fitur translate ini hanya akan bisa mendeteksi dan menerjemahkan teks tertulis seperti kalimat atau caption yang diketik saja. Artinya, Anda tidak bisa menerjemahkan teks yang tercantum di dalam gambar atau video.

Selain itu, fitur ini juga tidak atau belum bisa menerjemahkan suara atau audio berbahasa asing yang ada di dalam sebuah postingan Instagram Feed atau Stories.

https://tekno.kompas.com/read/2022/07/06/18150057/cara-menerjemahkan-bahasa-asing-di-instagram-feed-dan-stories

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke