Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Hands-on Samsung Galaxy M14 5G, Ponsel Menengah dengan Baterai 6.000 mAh

KompasTekno berkesempatan membuka kotak kemasan (unboxing) dan menggenggam (hands-on) suksesor Galaxy M13 5G ini untuk pertama kalinya.

Secara tampilan, kotak kemasan Samsung M14 5G terlihat ramping dan sederhana, identik seperti ponsel kelas menengah Samsung anyar lainnya.

Di sekeliling kotak penjualan tersebut, terdapat sejumlah informasi penting seperti spesifikasi singkat ponsel, nomor IMEI, nama model ponsel, dan ilustrasi bagian depan ponsel.

Ketika membuka kotak penjualan Samsung Galaxy M14 5G, konsumen akan mendapatkan beberapa kelengkapan seperti kabel data USB-C ke USB-C, buku panduan, dan SIM ejector.

Artinya, pengguna tak akan mendapatkan aksesori pendukung seperti earphone, "kepala" alias adapter charger, atau pembungkus (case) ponsel untuk melindungi perangkat dari benturan.

Layar lega

Pada sektor layar, Samsung Galaxy M14 5G mengusung panel PLS LCD dengan ukuran 6,6 inci, resolusi Full HD Plus, dan refresh rate 90 Hz.

Layar ini bisa dibilang cukup lega apabila dibandingkan dengan kompetitornya di kelas yang sama.

Karena lega, beberapa kegiatan macam menonton, bermain game, hingga menelusuri (browsing) internet bisa dilakukan dengan nyaman dan puas.

Samsung tidak mengungkap berapa tingkat kecerahan (brightness) layar Galaxy M14 5G. Namun, layar ponsel ini bisa kami bilang cukup terang dengan tingkat akurasi hingga 16 juta warna.

Meski demikian, berbagai konten yang tampil di layar smartphone ini kurang begitu tampak dengan jelas apabila dilihat di bawah sinar matahari terik.

Masih soal desain, Galaxy M14 5G juga dihiasi dengan modul kamera "Infinity-V" yang memuat kamera selfie beresolusi 13 MP.

Bodi terlihat mewah

Beralih ke bagian belakang, cangkang Samsung Galaxy M14 5G bisa dibilang cukup mewah. Sebab, punggung ponsel tersebut kini mengadopsi desain kamera tanpa modul, mirip seperti tampilan kamera belakang Galaxy S23 Series.

Artinya, kamera ponsel tersebut, yang jumlahnya ada tiga buah dan disusun secara vertikal, tampak diletakkan begitu saja menempel dengan punggung ponsel.

Adapun ketiga kamera belakang ini masing-masing memiliki resolusi 50 MP, 2 MP (macro), dan 2 MP (depth sensor).

Berbicara soal tampilan belakang, punggung Samsung M14 5G juga kini mengusung sentuhan warna mengilap yang sederhana. Karena mengilap, bekas sidik jari akan mudah menempel di bagian punggung perangkat.

Untuk pasar Indonesia, Samsung Galaxy M14 5G hadir dengan varian warna Blue, Dark Blue, dan Silver.

Varian warna yang kami dapat adalah Blue, dan varian warna ini menampilkan kesan warna biru, biru tua, biru muda, hingga nyaris menjadi biru kehijauan apabila punggung perangkat dilihat dari suduh yang berbeda.

Enak digenggam, tapi...

Secara keseluruhan, Samsung Galaxy M14 5G nyaman digenggam dan dibawa kemana-mana. Hal ini berkat bagian punggung ponsel yang tidak terlalu licin, serta desain bagian cangkang yang menyatu dengan bagian bingkai ponsel.

Kendati demikian, ponsel ini agak sedikit berat karena bobotnya yang lebih dari 200 gram (206 gram). Pendahulu ponsel tersebut, yaitu Galaxy M13 5G memiliki bobot 195 gram.

Sehingga, pengguna yang membawa-bawa ponsel ini berlama-lama, atau memainkan game sembari mengangkat ponsel dalam durasi yang cukup lama, mungkin akan sedikit keberatan ketika mengoperasikan ponsel ini.

Pada bagian bingkai bawah, terdapat lubang earphone 3.5 mm, lubang mikrofon, konektor USB-C, dan lubang speaker. Sementara di bingkai bagian atas hanya terdapat lubang mikrofon saja.

Kemudian pada bingkai bagian kiri terdapat laci kartu SIM yang bisa ditarik keluar dengan memasukkan SIM ejector terlebih dahulu ke lubang yang tersedia. Laci kartu SIM berjenis triple slot dan mampu menampung dua kartu SIM dan satu kartu microSD sekaligus.

Lalu untuk bingkai bagian kanan, terdapat tombol volume dan tombol power yang merangkap sebagai pemindai sidik jari (fingerprint scanner).

Harga Samsung Galaxy M14 5G di Indonesia

Di Indonesia, Galaxy M14 5G tersedia dalam varian warna Blue, Dark Blue, dan Silver. Ponsel ini sudah bisa dipesan di situs Samsung.com dengan harga sebagai berikut:

  • 4 GB/64 GB: Rp 2,8 juta
  • 4 GB/128 GB: Rp 3 juta
  • 6 GB/128 GB: Rp 3,3 juta

Nah, sebagai pertimbangan sebelum membeli, simak tampilan Samsung Galaxy M14 5G dari berbagai sisi dalam galeri foto di tautan berikut ini.

https://tekno.kompas.com/read/2023/04/12/19300027/hands-on-samsung-galaxy-m14-5g-ponsel-menengah-dengan-baterai-6000-mah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke