Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Melihat Kemampuan Layar Utama dan Layar "Mungil" di Oppo Find N2 Flip

KOMPAS.com - Oppo tengah bersiap meluncurkan ponsel lipat terbarunya Find N2 Flip di pasar Indonesia dalam waktu dekat. 

Meski tanggal peluncurannya di Tanah Air masih misterius, KompasTekno sudah menjajal kebolehan ponsel lipat terbaru dari Oppo ini selama beberapa waktu ke depan.

Salah satu hal yang kami uji coba adalah pengalaman layar yang diberikan oleh ponsel lipat tersebut.

Secara desain, Oppo Find N2 Flip mengusung sebuah layar AMOLED mungil alias Cover Screen dengan format portrait berukuran 3,26 inci yang tersemat di bagian belakang perangkat tersebut.

Karena mengadopsi format portrait, maka bentuk Cover Screen ini beda jauh dengan Cover Screen di ponsel lipat kompetitor yang mengadopsi layar AMOLED landscape dengan ukuran 1,9 inci. 

Karena ukurannya lebih luas, layar sekunder di ponsel lipat Oppo ini bisa menampilkan lebih banyak konten dibanding layar kecil milik ponsel kompetitor.

Selain itu, layar ini bisa dianggap sebagai layar smartphone biasa, namun dengan ukuran yang jauh lebih kecil dari layar utama.

Adapun layar kecil ini bisa menampilkan beragam informasi penting seperti waktu, tanggal, cuaca, dan lain sebagainya. Layar ini juga bisa menjalankan berbagai aplikasi penting seperti kamera, jadwal, kalender, penghitung mundur waktu, dan masih banyak lagi.

Dengan demikian, Cover Screen di Oppo Find N2 Flip bisa dibilang memiliki fungsi yang lebih banyak, dan boleh jadi bakal lebih sering dipakai, dibanding Cover Screen di ponsel lain dengan model yang sama.

Layar utama dengan bekas lipatan yang disamarkan

Berbicara soal layar, Oppo Find N2 Flip memiliki layar utama (main screen) berjenis AMOLED dengan ukuran yang cukup lega, yaitu 6,8 inci, dengan resolusi 2.520 x 1.080 piksel, rasio layar 21:9, dan refresh rate 120 Hz.

Layar ini sedikit lebih luas dibanding layar utama ponsel lipat kompetitor yang berukuran 6,7 inci.

Dengan layar seluas ini, pengalaman menonton, bernavigasi antarmenu, bermain game, dan lain sebagainya bisa dilakukan dengan cukup puas.

Terlebih, bekas lipatan di layar utama Oppo Find N2 Flip akan terlihat lebih samar dibanding ponsel model sejenisnya.

Hal ini berkat konstruksi engsel (hinge) ponsel lipat Oppo yang mengadopsi bentuk mirip tetesan air (teardrop). Di ponsel lipat kompetitor, konstruksi engsel yang digunakan mirip huruf "U". 

Namun tetap saja, karena merupakan ponsel lipat, bekas lipatan di Find N2 Flip tetap akan terlihat apabila dilihat dari sudut tertentu.

Selain bisa menyamarkan bekas lipatan, kehadiran engsel berbentuk teardrop juga diklaim bisa merapatkan layar utama ketika perangkat dilipat. Sehingga, berbagai material kecil macam debu tak mudah masuk ke dalam celah engsel. 

Kembali lagi ke pengalaman layar Oppo Find N2 Flip, baik layar utama dan layar sekunder ponsel lipat teranyar Oppo ini masih bisa menampilkan konten dengan cukup jelas apabila dilihat di bawah sinar matahari terik.

Sebab, layar utama ponsel ini memiliki tingkat kecerahan mencapai 1.600 nits, sedangkan tingkat kecerahan di layar sekunder berada di angka 900 nits, lebih tinggi dibanding ponsel kompetitor.

Penasaran menjajal layar Oppo Find N2 Flip? Oppo sebenarnya belum mengumumkan tanggal peluncuran ponsel lipat ini di Indonesia. Namun, konsumen bisa mengikuti program Early Pre-order pada 1 April - 9 Mei 2023 di situs resmi Oppo.com.

Dalam periode ini, konsumen bisa mengeluarkan uang Rp 1 juta untuk mengamankan slot pemesanan Oppo Find N2 Flip ketika resmi meluncur dan dipesan di Indonesia nanti.

Selain itu, konsumen juga bisa mendapatkan beberapa benefit menarik seperti Portable PU Case dan Oppo Premium Service senilai total Rp 4 juta.

Informasi selengkapnya mengenai program Early Pre-order Oppo Find N2 Flip ini bisa disimak di tautan berikut ini.

https://tekno.kompas.com/read/2023/05/01/11000037/melihat-kemampuan-layar-utama-dan-layar-mungil-di-oppo-find-n2-flip

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke