Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Memotret Suga BTS dengan "HP Konser" Samsung Galaxy S23 Ultra

Selama konser berlangsung, KompasTekno berkesempatan datang ke konser Suga BTS di hari pertama (Day 1) pada Jumat (26/5/2023) kemarin. Kami juga membawa Galaxy S23 Ultra untuk mengabadikan aksi Suga BTS selama konser berlangsung.

Konser berlangsung sekitar pukul 19.00 hingga 21.00 WIB. Nah, dengan durasi selama itu, KompasTekno menguji kebolehan sejumlah fitur kamera Samsung Galaxy S23 Ultra, termasuk kamera 200 MP.

Sebagai gambaran, Galaxy S23 Ultra merupakan smartphone Samsung pertama yang datang dengan kamera utama 200 MP. Kamera tersebut juga mampu mengabadikan momen dari jarak jauh menggunakan fitur telefoto zoom optik 100x.

Adanya fitur tersebut memungkinkan pengguna mengabadikan aksi Suga BTS di atas panggung dengan lebih jernih dan jarak pandang yang lebih dekat.

Berdasarkan pengalaman KompasTekno menjajal fitur tersebut, hasilnya bisa terbilang jernih, mirip seperti memotret menggunakan kamera profesional.

Hasil foto Galaxy S23 Ultra terlihat “berani”. Dalam artian, foto dari kamera 200 MP lebih kontras, saturasi warnanya lebih tinggi dan tidak terlalu berlebihan, bintik warna (noise) nyaris tidak terlihat, dan jika diperbesar, foto tersebut tidak pecah.

Hal ini terbilang wajar karena resolusi gambar dari kamera 200 MP jauh lebih besar ketimbang kamera ultrawide 12 MP.

Perbandingannya adalah foto dari kamera 200 MP punya resolusi 16.620x12.240 (3:4) piksel dengan ukuran file 22,75 MB, sedangkan kamera 12 MP punya resolusi 4.000x3.000 piksel berukuran 2,44 MB.

Perbedaan resolusi dan ukuran yang cukup jauh menyebabkan foto dari kamera 12 MP lebih pecah ketika diperbesar. Oleh karena itu, bila Anda ingin memotret sebuah suasana keramaian di suatu tempat, fitur kamera 200 MP bisa dijadikan salah satu rekomendasi.

Kendati demikian, kamera 200 MP tidak memungkinkan kamera melakukan perbesaran gambar (zoom) saat memotret. Jadi, saat mengaktifkan fitur kamera 200 MP, kamera hanya dapat menangkap gambar dengan sudut pandang default, alias perbesaran gambar 1x saja.

Maka dari itu, gambar yang diambil KompasTekno hanya menggambarkan suasana (ambience) keramaian dari seluruh penonton Suga BTS di ICE BSD Hall 5–6. Kamera tidak dapat menangkap gambar Suga BTS dari dekat di area panggung.

Fitur unggulan dari Galaxy S23 Ultra yang membantu memotret foto konser Suga BTS adalah kemampuan zoom optik hingga 100x. Jarak antara panggung dan posisi KompasTekno saat memotret konser terbilang cukup jauh, sekitar 8-10 meter.

Dengan memanfaatkan fitur tersebut, KompasTekno dapat dengan mudah memotret aksi Suga BTS di panggung dengan lebih leluasa. Saat mendokumentasikan konser, pengaturan kamera yang digunakan selalu memakai kamera telefoto 10 MP yang diperbesar 3x, 10x, hingga 30x.

Jika ingin suasana yang lebih jauh agar panggung lebih terlihat disertai beberapa penonton bagian depan, pengaturan zoom optik 3x bisa dijadikan pilihan. Sementara itu, bila ingin memotret Suga BTS dengan lebih dekat, berfokus pada area panggung, gunakan zoom optik 10x.

Adapun jika ingin memotret Suga BTS dengan lebih closeup, sekitar kepala hingga perut, zoom optik 30x bisa menjadi pilihan.

Alasan KompasTekno tidak menjajal fitur zoom optik di atas 30x karena hasil gambar yang dihasilkan terlalu dekat dan hanya akan menciptakan foto detail yang tidak diperlukan/dibutuhkan.

Kendati begitu, perlu diketahui bahwa semakin tinggi zoom optik yang dilakukan, kamera akan semakin sensitif terhadap gerakan kecil, alias lebih shaky.

Pastikan saat Anda mencoba melakukan zoom optik di kisaran angka 10-30x, tangan harus dalam posisi stabil dan jangan sampai tersenggol penonton di sisi kiri ataupun kanan. Sebab, hal tersebut bakal sangat memengaruhi hasil gambar yang diambil.

Tidak hanya itu, merujuk pada pengalaman KompasTekno, pengaturan zoom optik yang tinggi juga membuat kamera sedikit lag ketika pengikuti pergerakan Suga BTS di panggung.

Mengingat Suga BTS cukup aktif selama bernyanyi, seperti berpindah dari kanan ke kiri, depan ke belakang, kamera yang mengikuti pergerakannya pun mengalami lagging sesaat. Sehingga, ada beberapa momen yang tidak sempat terpotret akibat masalah lag tersebut.

Sebaliknya, saat dimengurangi perbesaran gambar, kamera bisa bekerja kembali tanpa ada lagging. Untuk menyiasati masalah tersebut, pengguna harus jeli dan peka dalam menangkap momen.

KompasTekno kerap memanfaatkan momen ketika Suga sedang diam menunggu intro musik selanjutnya. Saat ia berdiri, terkadang ia tidak melakukan pergerakan apa pun, momen tersebut bisa dimanfaatkan dengan mengambil foto closeup Suga BTS.

Dari seluruh fitur zoom optik yang dimiliki Galaxy S23 Ultra, kamera telefoto 10 MP dengan 10x zoom optik memiliki hasil gambar yang paling jelas dan stabil. Fitur ini juga lebih mudah digunakan karena tidak terlalu sensitif terhadap guncangan kecil.

Supaya foto yang diambil bisa lebih stabil lagi, KompasTekno juga turut mengaktifkan fitur Scene Optimizer. Teknologi tersebut dapat meredam guncangan pada kamera ketika membidik sebuah objek.

Samsung Galaxy S23 Ultra sudah resmi dirilis di Indonesia pada Februari 2023 lalu. Perangkat tersebut dibanderol dengan harga yang berbeda-berbeda sesuai opsi storag yeng dipilih.

Samsung Galaxy S23 Ultra versi 12/256 GB dijual Rp 19,9 juta, varian 12/512 GB seharga Rp 21,9 juta, sedangakan versi 12/1 TB dibanderol Rp 25,9 juta.

Untuk melihat fancam video konser Suga BTS yang direkam menggunakan Samsung Galaxy S23 Ultra, Anda bisa menyimak postingan TikTok akun resmi KompasTekno berikut.

https://tekno.kompas.com/read/2023/05/28/19400007/memotret-suga-bts-dengan-hp-konser-samsung-galaxy-s23-ultra

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke