Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kiboy Onic Esports, dari Pemain Cadangan SEA Games Jadi Pemain Terbaik Final MSC 2023

Usaha Kiboy mewakili Indonesia di ajang tersebut bisa dibilang tak begitu terlihat. Sebab, ia hanya pemain cadangan untuk timnas Indonesia.

Meski demikian, Kiboy kini bersinar dan seakan ingin menunjukkan bahwa ia pantas menjadi pemain utama untuk timnas Indonesia. 

Pasalnya, ia berhasil menjadi pemain terbaik alias Most Valuable Player (MVP) di kompetisi Mobile Legends level Asia Tenggara MLBB Southeast Asia Cup (MSC) 2023.

Selain gelar MVP, Kiboy juga berhak mendapatkan hadiah individu berupa uang tunai sebesar 3.000 dollar AS (sekitar Rp 44,8 juta).

Adapun gelar MVP ini diraih Kiboy karena dia menjadi sosok krusial dalam komposisi tim Onic Esports.

Bahkan berkat kehadirannya, Onic Esports berhasil menjadi juara MSC 2023 setelah mengalahkan tim asal Filipina Blacklist International dengan skor 4-2. 

Pada babak Grand Final MSC 2023, Kiboy menggunakan beberapa karakter (hero) andalannya seperti Franco dan Chou.

Kedua hero ini adalah karakter yang bisa "menculik" hero musuh satu per satu.

Ketika menggunakan Franco di Grand Final MSC 2023, misalnya, Kiboy bisa dibilang jarang melakukan kesalahan dan berhasil menculik beberapa hero musuh yang cukup penting dan krusial dengan skill "Iron Hook". 

Lalu, skill "The Way of Dragon" dari Chou juga bisa dimanfaatkan Kiboy untuk menculik, menjebak, sekaligus mengeliminasi musuh-musuh yang sedang sendirian.

Selain Franco dan Chou, Kiboy juga bisa dibilang mampu memainkan sejumlah hero Roamer dengan baik. Beberapa di antaranya seperti Minotaur, Lolita, Selena, dan lain sebagainya. 

Kembali lagi ke ajang SEA Games 2023, timnas Indonesia diketahui hanya memainkan tiga pertandingan MLBB Men saja di kompetisi tersebut, di mana dua game kalah dan satu game menang. 

Kebetulan, Kiboy dimainkan di salah satu game (game yang menang), dan Kiboy membuat timnas Indonesia menang pertama kalinya di kategori MLBB Men SEA Games 2023.

Namun, hal tersebut tidak cukup untuk membuat timnas Indonesia melaju ke babak penyisihan. Sebab, timnas Indonesia tidak berhasil mengumpulkan poin yang cukup atau lebih dari tim-tim lainnya di grup yang sama (karena kalah dua kali). 

Kini, kiprah Kiboy yang menjadi MVP dan mengantarkan Onic Esports sebagai juara pertama MSC 2023 tampaknya menjadi "tamparan" keras bagi timnas Indonesia di SEA Games 2023. 

Sebab, apabila Kiboy tidak menjadi pemain cadangan, mungkin timnas Indonesia bisa bersinar di ajang SEA Games 2023. 

Namun, hal tersebut belum tentu terjadi. Sebab, strategi pelatih yang mendidik sebuah tim biasanya berbeda-beda dan membuat permainan, termasuk gaya bermain pemainnya, berbeda. 

Kemampuan Kiboy kini tak diragukan lagi, terutama setelah ia menjadi MVP di ajang MSC 2023.

Artinya, ia berhasil membuktikan bahwa ia merupakan pemain terbaik dari seluruh pro player yang ada di MSC 2023, baik itu pemain lokal maupun asing.

https://tekno.kompas.com/read/2023/06/19/10320017/kiboy-onic-esports-dari-pemain-cadangan-sea-games-jadi-pemain-terbaik-final-msc

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke