Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Melapor ke Customer Service TikTok jika Curiga Terjadi Penipuan

Sebagian pengguna atau kreator konten (tiktokers) nyaris atau bahkan sudah terkena penipuan atas nama TikTok Shop tertentu. Berbagai modus pun terjadi, beberapa di antaranya adalah oknum yang mengirimkan link verifikasi palsu, hingga pengiriman produk pesanan yang tidak sesuai.

Salah satu akun Tiktok dengan handle @ucimhr menjelaskan bahwa dirinya sempat akan terkena penipuan, salah satunya saat membeli salah satu produk peralatan dapur. Saat proses pemesanan, dirinya justru menerima link verifikasi yang mengharuskan memasukkan kata sandi TikTok untuk melanjutkan transaksi.

Hal ini dirasa mencurigakan sehingga kreator memutuskan untuk melaporkan tindakan mencurigakan penipuan tersebut ke Customer Service (CS) TikTok Shop.

Maka dari itu, pengguna lain juga diharapkan tetap berhati-hati saat berbelanja online. Apabila pengguna merasa curiga terhadap transaksi yang dilakukan atau justru terlanjur terkena penipuan, dapat segera melaporkan hal tersebut ke customer service TikTok Shop.

Cara melaporkan tindakan mencurigakan penipuan ini dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu melalui aplikasi maupun browser. Berikut ini adalah panduannya

Selain itu, pengguna juga dapat langsung menghubungi agen live TikTok. Berikut ini adalah caranya

  • Anda juga dapat mencoba mengunjungi laman bantuan di TikTok Seller. Kunjungi tautan berikut ini. 
  • Selanjutnya, isi formulir dengan data diri, nama, dan jelaskan permasalahan yang terjadi.
  • Setelah menguraikan permasalahan, klik "Simpan"
  • Kemudian ikuti langkah-langkah selanjutnya hingga formulir terkirim dan TikTok menindaklanjuti permasalahan yang dilaporkan

Selain itu, TikTok telah menghimbau pengguna untuk selalu mewaspadai serangan pesan penipuan (phishing) yang mengatasnamakan TikTok.

Jika Anda menerima e-mail atau pesan yang terlihat aneh atau menanyakan informasi akun Anda, jangan dibuka dan segera laporkan kepada CS TikTok seperti cara di atas.

Selain itu, Anda juga dapat menyimak kembali upaya mencegah pesan penipuan dan selalu memperkuat keamanan akun seperti yang tertera di laman resmi TikTok.

https://tekno.kompas.com/read/2023/06/24/18150077/cara-melapor-ke-customer-service-tiktok-jika-curiga-terjadi-penipuan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke