Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Warganet Indonesia Bisa "Scrolling" TikTok Sambil Buka Aplikasi Lain

Fitur ini memudahkan pengguna untuk menonton video TikTok sambil melakukan aktivitas lain, misalnya, sambil membalas pesan di aplikasi lain.

Pantauan KompasTekno, Jumat (8/9/2023) pagi, fitur Picture-in-Picture sudah tersedia di aplikasi TikTok versi 31.2.3 di Android dan situs Tiktok.com. Meski demikian, fitur ini belum disebar secara merata kepada semua pengguna.

Tombol untuk mengaktifkan fitur Picture-in-Picture ini bisa ditemukan di sebelah menu "Playback speed".

Seperti namanya Picture-in-Picture, video TikTok di jendela kecil mengambang (floating window) ini bisa tetap berjalan di atas aplikasi lain.

Jadi, pengguna bisa membuka aplikasi WhatsApp, Google, Instagram, Zoom, YouTube, dan lain sebagainya, sambil tetap scrolling TikTok.

Floating window ini dilengkapi dengan ikon next untuk memutar video TikTok selanjutnya, ikon previous untuk memutar video sebelumnya, serta ikon play/pause untuk memutar dan menjeda video.

Ada juga ikon "X" untuk metutup jendela tersebut, dan ada pula ikon full screen untuk membuka video TikTok dalam layar penuh serta kembali ke aplikasi TikTok.

Berbeda dengan di ponsel, pengguna yang menggunakan fitur Picture-in-Picture di PC bisa menempatkan floating window TikTok di manapun mereka mau. Jendela mengambang ini juga bisa diatur ukurannya.

Bagi Anda yang belum kebagian, jangan berkecil hati. Sebab, pantauan KompasTekno, Jumat (8/9/2023), beberapa perangkat yang kami gunakan juga masih ada yang belum kebagian fitur ini.

TikTok tampaknya merilis fitur ini secara bertahap kepada semua pengguna.

https://tekno.kompas.com/read/2023/09/08/08020037/warganet-indonesia-bisa-scrolling-tiktok-sambil-buka-aplikasi-lain

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke