Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Fitur Baru di eFootball 2024, Ada Boosters dan AI Lebih Pintar

"eFootball 2024" merupakan pembaruan (update) besar-besaran versi 3.0.0, dari "eFootball 2024".

Tak sekadar mengubah nama, game rebrand dari "Pro Evolution Soccer (PES)" ini juga menghadirkan sederet fitur dan peningkatan baru.

Secara keseluruhan, ada enam fitur baru yang diperkenalkan di "eFootball 2024". Mulai dari fitur Booster hingga statistik pemain.

1. Fitur "Boosters"

Sejauh ini, ada tiga tipe Booster yang sudah diumbar, yakni "Free-kick Taking", "Technique", dan "Agility".

Setiap Booster ini meningkatkan statistik yang berbeda, contohnya "Free-kick Taking", yang meningkatkan kemampuan (skill) atlet dalam mencetak gol, melakukan tendangan bebas (set piece), tendangan melambung, serta memaksimalkan kekuatan tendangan.

Berikutnya, ada Booster "Technique" yang meningkatkan statistik untuk mengontrol dan menguasai bola, dribble, serta umpan pendek.

Sementara itu, "Agility" meningkatkan kebolehan atlet dalam aspek kecepatan, akselerasi, keseimbangan, dan stamina.

Ke depannya, Konami akan memperkenalkan lebih banyak Booster, sehingga pesepak bola andalan gamer bisa memiliki performa yang lebih baik di lapangan.

2. Peningkatan gameplay

Ketika melakukan serangan alias "Attacking", pemain bisa mengontrol bola dan melakukan dribble dengan lebih mulus. Hal ini dikarenakan oleh perubahan kedua mekanisme tersebut, sehingga menjadi lebih responsif.

Penerimaan bola dari udara juga dibuat makin responsif. Kini, pesepak bola bisa mengambil bola tersebut kemudian melakukan dribble, berbeda dengan mekanisme lawas, yang terkadang memaksa pemain untuk langsung mengoper bola yang diterima.

"eFootball 2024" juga membawa peningkatan di sektor animasi, misalnya ketika bek menghadang bola, atau ketika kiper menangkis bola.

3. Bot makin pintar

Perubahan lainnya mencakup peningkatan kecerdasan buatan alias bot (AI), saat pemain sedang mencoba mode versus AI. Kini, pesepak bola di tim AI akan membuat keputusan yang lebih tepat, sesuai dengan situasi di lapangan.

Mereka bisa melakukan berbagai tindakan seperti menerobos pertahanan musuh dengan tipuan (feint), menggiring bola dengan intensitas yang lebih tinggi, atau melakukan umpan tinggi kepada rekannya.

Kemampuan AI ini bakal disesuaikan dengan tingkat kesulitan dalam game, sehingga pemain tidak kewalahan ketika dihadapi dengan AI yang baru.

4. Sistem "Form" yang baru

Di game tersebut, pesepak bola dengan form "Standard" dan "Inconsistent" cenderung memiliki kondisi "Poor" atau lebih buruk lagi. Akibatnya, pengguna biasanya tidak memilih atlet dengan kondisi seperti itu, sebagai pemain pengganti.

Dalam "eFootball 2024", Konami melakukan penyesuaian untuk sistem tersebut. Probabilitas munculnya kondisi "Poor" ketika atlet memiliki form "Standard" dan "Inconsistent" dikurangi.

Dengan demikian, pilihan pemain pengganti lebih leluasa, karena minimnya atlet dengan kondisi "Poor".

Atlet dengan form "Inconsistent" dengan rating Live Update B ke atas, akan memiliki kondisi "Normal" atau lebih baik lagi.

5. Meminjam pemain untuk event

"eFootball 2024" menghadirkan kembali mode "Challenge Events" dari "eFootball 2023", tetapi dengan nama baru "Themed Events".

Dalam mode ini, pemain akan beradu mekanik dengan pengguna lainnya, dengan memanfaatkan atlet yang sudah memenuhi syarat event tersebut. Contohnya saja, event "European Club Championship" mengharuskan pemain menggunakan pesepak bola dari klub Eropa.

Di "eFootball 2024", pengguna bisa meminjam pesepak bola dari game itu sendiri, ketika sedang mengerjakan event tersebut.

Dengan begitu, event bisa dinikmati semua pengguna, meskipun mereka tidak memiliki pemain yang cukup yang memenuhi syarat event itu.

Perlu dicatat, atlet tersebut tersedia secara eksklusif dalam event, dan tidak bisa dipinjam di luar event tersebut.

6. Statistik pemain

Contohnya, pemain bisa melihat statistik Lionel Messi, misalnya dari aspek "Progression Points" untuk meningkatkan skill Messi, jumlah pertandingan yang dimainkan, jumlah gol serta assist.

Statistik ini berguna untuk memantau kinerja pesepak bola yang digunakan, sebagaimana dikutip KompasTekno dari GamingonPhone, Jumat (8/9/2023).

Nah, bila tertarik untuk bermain "eFootball 2024", pengguna yang sudah pernah mengunduh "eFootball 2023" tinggal melakukan update. Sementara itu, mereka yang belum pernah harus menginstal "eFootball 2024" dari nol. Game ini bisa dimainkan secara gratis.

Selengkapnya, link download dan spesifikasi "eFootball 2024" dapat disimak lewat artikel "Spesifikasi Minimum dan Link Download 'eFootball 2024' Android, iOS, serta PC".

https://tekno.kompas.com/read/2023/09/08/17000017/6-fitur-baru-di-efootball-2024-ada-boosters-dan-ai-lebih-pintar-

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke