Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Apa Itu ChatGPT: Pengertian, Cara Menggunakan, dan Kegunaannya

KOMPAS.com - ChatGPT merupakan program yang sudah cukup populer sejak kehadirannya sekitar akhir tahun lalu. Kepopuleran ChatGPT itu tak terlepas dari kemampuannya dalam menjawab berbagai pertanyaan pengguna.

Kini, ChatGPT tampaknya telah menjadi program atau aplikasi yang perlu dikuasai pengguna. Akan tetapi, tak semua pengguna mungkin telah memahami apa itu ChatGPT. Jika belum belum paham, tak usah berkecil hati.

Artikel ini bakal menjelaskan secara lengkap ChatGPT, mulai dari pengertian, cara menggunakan, dan kegunaannya. Jika tertarik untuk belajar lebih lanjut supaya bisa mengoperasikannya, berikut adalah penjelasan mengenai ChatGPT.

Apa itu ChatGPT?

ChatGPT adalah program chatbot AI (Artificial Intelligence) berbasis Language Model (model bahasa) yang dikembangkan OpenAI. ChatGPT memiliki kemampuan utama untuk menjawab atau menanggapi berbagai pertanyaan dan perintah pengguna.

Language Model pada ChatGPT sejatinya merupakan mesin pembelajaran yang dapat menyajikan prediksi kata dengan menganalisis teks dalam sebuah data. Prediksi itu menjadi respons atau output dari perintah teks yang diinput pengguna pada Language Model.

Untuk bisa menyajikan output, ChatGPT yang berbasis Language Model telah dilatih dengan sekumpulan data berjumlah besar (dataset). Ketika pengguna memasukkan perintah, ChatGPT bakal mencocokkannya dengan data yang telah dipelajari.

Kemudian, ChatGPT akan menyajikan prediksi, tanggapan, atau jawaban sesuai perintah yang dimasukkan pengguna. Misalnya, pengguna memasukkan teks “Saya ingin makan”, lalu Language Model bisa melengkapinya berdasar perintah jadi “Saya ingin makan tahu”.

Itu hanya sekadar contoh. Tanggapan ChatGPT bisa lebih kompleks. ChatGPT dapat menjawab atau menanggapi beraneka macam perintah dan pertanyaan pengguna. ChatGPT didesain untuk bisa menghasilkan tanggapan dengan bahasa yang natural.

Jadi, pengguna dapat berinteraksi dengan ChatGPT layaknya sedang mengobrol dengan sesama manusia, yang bahasanya tidak kaku seperti robot. ChatGPT tidak hanya dilatih dengan sekumpulan data, tetapi juga pelatih AI manusia.

Pelatih AI manusia itu memberikan masukan pada ChatGPT dalam menyajikan tanggapan. Adanya masukkan dari manusia sungguhan itu membuat ChatGPT bisa menghasilkan respons yang natural ketika berinteraksi dengan pengguna.

Itulah penjelasan mengenai apa itu ChatGPT. Lantas, bagaimana cara menggunakan ChatGPT? Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah penjelasan mengenai cara menggunakan ChatGPT secara lengkap.

Cara menggunakan ChatGPT

Cara menggunakan ChatGPT untuk menyusun berbagai teks itu cukup mudah. terdapat beberapa cara menggunakan ChatGPT yang bisa dilakukan pengguna. Pengguna bisa menggunakan ChatGPT di laptop ataupun di HP (handphone).

Adapun penjelasan masing-masing cara menggunakan ChatGPT, baik di laptop maupun di HP adalah sebagai berikut.

Cara menggunakan ChatGPT di HP Android dan iPhone

ChatGPT sekarang tidak hanya tersedia dalam versi website, tetapi juga aplikasi HP. Jadi, pengguna bisa langsung mengakses layanan ChatGPT dengan memakai aplikasi ChatGPT di HP. Aplikasi ChatGPT kini telah tersedia untuk HP Android dan iPhone.

Untuk menggunakan ChatGPT di HP Android dan iPhone, penjelasan caranya adalah sebagai berikut:

Jika melihat pada penjelasan di atas, cara menggunakan ChatGPT di laptop ataupun di HP pada dasarnya sama saja, yaitu harus memasukkan perintah atau prompt terlebih dahulu. Prompt ChatGPT merupakan salah satu hal yang penting diperhatikan.

Untuk menghasilkan tanggapan yang sesuai keinginan, pengguna harus memasukkan teks perintah atau prompt yang detail pada ChatGPT. Itulah cara menggunakan ChatGPT, baik di laptop maupun di HP, cukup mudah bukan?

Kegunaan ChatGPT

Pengguna dapat memanfaatkan ChatGPT untuk membantu menyelesaikan berbagai aktivitas, terutama yang berkaitan dengan pengolahan teks. Lantas, apa yang dapat dilakukan oleh ChatGPT?

Terdapat beberapa kegunaan ChatGPT yang bisa membantu pengguna. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah daftar kegunaan ChatGPT.

1. Menyusun teks

Kegunaan Chat GPT yang pertama adalah dapat dimanfaatkan untuk menyusun teks. Pengguna bisa meminta Chat GPT untuk menyusun teks dengan tujuan, format, dan gaya bahasa yang sesuai permintaan.

Misalnya, pengguna dapat meminta Chat GPT untuk membuatkan teks pidato untuk memperingati Hari Kemerdekaan dengan panjang kata sebanyak 500 kata dan menggunakan gaya bahasa formal.

2. Melengkapi teks

Kedua, fungsi Chat GPT adalah dapat dipakai untuk melengkapi teks. Pengguna dapat meminta Chat GPT untuk melengkapi teks yang sudah dibuat sebelumnya. Contoh penerapan fungsi ini bisa dilihat dalam soal matematika.

Misalnya, saat pengguna memasukkan formula “2+2+4=”, ChatGPT secara otomatis bisa melengkapi penjumlahan tersebut dengan menyajikan jawaban “8”.

3. Merangkum teks

Pengguna dapat memasukkan teks tertentu berisi beberapa paragraf dan meminta Chat GPT untuk membuat rangkumannya. Fungsi ini dapat dimanfaatkan ketika pengguna ingin mempelajari isi bagian buku atau artikel dengan lebih ringkas.

4. Parafrase teks

Selain merangkum, pengguna juga bisa meminta Chat GPT untuk melakukan parafrase teks yang telah dimasukkan. Chat GPT dapat membuatkan tulisan dengan gaya berbeda, tetapi memiliki substansi yang sama seperti teks yang dimasukkan.

5. Membuat klasifikasi

Manfaat ChatGPT yang kelima adalah pengguna dapat memintanya untuk membuat klasifikasi atas berbagai hal. Penerapan pembuatan klasifikasi ini dapat dipakai untuk, misalnya, menyusun daftar aktivitas yang harus dilakukan selama seminggu.

6. Menerjemahkan teks

Selanjutnya, manfaat ChatGPT adalah dapat dipakai buat menerjemahkan teks. Chat GPT dibekali dengan kemampuan bahasa yang cukup banyak. Yang cukup umum, pengguna dapat menerjemahkan teks dari bahasa Inggris ke Indonesia dan sebaliknya di Chat GPT.

7. Mengobrol biasa

Kegunaan Chat GPT yang ketujuh adalah dapat dimanfaatkan untuk mengobrol biasa selayaknya sedang berinteraksi dengan sesama manusia. Pengguna bisa mengobrol berbagai topik dengan Chat GPT.

Demikianlah penjelasan mengenai tentang ChatGPT yang dapat dipakai bila ingin memulai belajar mengoperasikannya. ChatGPT dapat memudahkan pengguna untuk menyelesaikan berbagai pekerjaan pengolahan teks dengan lebih cepat.

Meski bisa memudahkan pekerjaan, ChatGPT sejatinya punya keterbatasan. Penting untuk dicatat, tanggapan atau jawaban dari ChatGPT pada dasarnya tidak selalu tepat. ChatGPT masih memiliki potensi untuk menyajikan jawaban yang tidak akurat.

Dengan adanya pontensi itu, ChatGPT sebaiknya digunakan secara bijak. Informasi yang disampaikan ChatGPT hendaknya tidak langsung dipakai. Pengguna bisa memverifikasi kembali secara mandiri informasi yang disampaikan ChatGPT.

Selain dalam hal keakuratan informasi, ChatGPT juga memiliki keterbatasan dalam menyajikan informasi dengan konteks peristiwa, waktu, atau kejadian terkini. ChatGPT tidak dapat memberikan informasi dengan konteks kejadian yang terjadi setelah 2021.

https://tekno.kompas.com/read/2023/10/01/13000087/apa-itu-chatgpt--pengertian-cara-menggunakan-dan-kegunaannya

Terkini Lainnya

Game 'GTA 6' Dipastikan Meluncur September-November 2025

Game "GTA 6" Dipastikan Meluncur September-November 2025

Game
Instagram Vs Instagram Lite, Apa Saja Perbedaannya?

Instagram Vs Instagram Lite, Apa Saja Perbedaannya?

Software
Menjajal Langsung Huawei MatePad 11.5'S PaperMatte Edition, Tablet yang Tipis dan Ringkas

Menjajal Langsung Huawei MatePad 11.5"S PaperMatte Edition, Tablet yang Tipis dan Ringkas

Gadget
Game PlayStation 'Ghost of Tsushima Director's Cut' Kini Hadir di PC

Game PlayStation "Ghost of Tsushima Director's Cut" Kini Hadir di PC

Game
iPhone dan iPad Bakal Bisa Dikendalikan dengan Pandangan Mata

iPhone dan iPad Bakal Bisa Dikendalikan dengan Pandangan Mata

Gadget
Daftar Harga Gift TikTok Terbaru 2024 dari Termurah hingga Termahal

Daftar Harga Gift TikTok Terbaru 2024 dari Termurah hingga Termahal

e-Business
Membandingkan Harga Internet Starlink dengan ISP Lokal IndiHome, Biznet, dan First Media

Membandingkan Harga Internet Starlink dengan ISP Lokal IndiHome, Biznet, dan First Media

Internet
Smartphone Oppo A60 Dipakai untuk Belah Durian Utuh, Kuat?

Smartphone Oppo A60 Dipakai untuk Belah Durian Utuh, Kuat?

Gadget
Rutinitas CEO Nvidia Jensen Huang, Kerja 14 Jam Sehari dan Banyak Interaksi dengan Karyawan

Rutinitas CEO Nvidia Jensen Huang, Kerja 14 Jam Sehari dan Banyak Interaksi dengan Karyawan

e-Business
Smartphone Meizu 21 Note Meluncur dengan Flyme AIOS, Software AI Buatan Meizu

Smartphone Meizu 21 Note Meluncur dengan Flyme AIOS, Software AI Buatan Meizu

Gadget
Advan Rilis X-Play, Konsol Game Pesaing Steam Deck dan ROG Ally

Advan Rilis X-Play, Konsol Game Pesaing Steam Deck dan ROG Ally

Gadget
5 Besar Vendor Smartphone Indonesia Kuartal I-2024 Versi IDC, Oppo Memimpin

5 Besar Vendor Smartphone Indonesia Kuartal I-2024 Versi IDC, Oppo Memimpin

e-Business
Epic Games Gratiskan 'Dragon Age Inquisition - Game of the Year Edition', Cuma Seminggu

Epic Games Gratiskan "Dragon Age Inquisition - Game of the Year Edition", Cuma Seminggu

Game
Motorola Rilis Moto X50 Ultra, 'Kembaran' Edge 50 Ultra Unggulkan Kamera

Motorola Rilis Moto X50 Ultra, "Kembaran" Edge 50 Ultra Unggulkan Kamera

Gadget
Merger XL Axiata dan Smartfren Kian Menguat, Seberapa Besar Entitas Barunya?

Merger XL Axiata dan Smartfren Kian Menguat, Seberapa Besar Entitas Barunya?

e-Business
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke