Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membuat Abstrak Otomatis dengan Mudah dan Cepat, Bisa buat Skripsi, Jurnal, dll

Kompas.com - 08/05/2024, 01:30 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna kiranya tertarik untuk mengetahui cara membuat abstrak otomatis. Perlu diketahui, abstrak merupakan gambaran umum mengenai isi sebuah karya tulis. Abstrak biasanya terletak di bagian paling atas sebelum isi karya tulis.

Abstrak umumnya wajib disertakan pengguna di beberapa karya tulis, khususnya karya tulis ilmiah, seperti skripsi, jurnal, tesis, hasil riset, dan masih banyak lagi. Untuk menulis abstrak, pengguna harus menulis kembali dan meringkas beberapa bagian dalam karya tulis.

Baca juga: Cara Membuat Kata Pengantar Skripsi dengan Chat GPT dan Contoh Perintahnya

Sebagai gambaran umum, abstrak harus berisi informasi singkat dan padat atas isi karya tulis. Dalam karya tulis ilmiah, abstrak biasanya bakal berisi ringkasan permasalahan, ringkasan kerangka konseptual, dan ringkasan hasil yang didapatkan.

Membuat abstrak dengan meringkas semua isi karya tulis bisa dibilang bukanlah pekerjaan yang mudah. Sebagian pengguna masih bingung untuk membuat abstrak. Jika masih bingung, sebenarnya terdapat salah satu cara mudah untuk membuat abstrak.

Pengguna pada dasarnya bisa membuat abstrak otomatis dengan bantuan Artificial Intelligence (AI) seperti ChatGPT. Sebagaimana cukup umum diketahui, ChatGPT merupakan chatbot AI yang bisa menanggapi berbagai perintah pengguna.

Lewat kemampuan itu, pengguna bisa memerintah ChatGPT untuk membuat abstrak otomatis. Lalu, bagaimana cara membuat abstrak otomatis dengan ChatGPT? Jika tertarik untuk mengetahuinya, berikut adalah cara membuat abstrak otomatis dengan ChatGPT.

Cara membuat abstrak otomatis dengan ChatGPT

Cara membuat abstrak otomatis dengan ChatGPT itu cukup mudah. Secara umum, pengguna tinggal memasukkan perintah atau prompt untuk membuat abstrak otomatis di ChatGPT, kemudian chatbot AI itu bakal menyajikan tanggapannya.

Baca juga: 7 Tips Menggunakan Chat GPT buat Menyusun Skripsi, Bisa Bantu Cari Ide Judul

Adapun penjelasan yang lebih detail soal cara membuat abstrak otomatis dengan ChatGPT adalah sebagai berikut:

  • Kunjungi website ChatGPT ini https://chat.openai.com dan pastikan telah login akun. Login bisa menggunakan akun Google (akun Gmail).
  • Setelah berhasil masuk, pada kolom pengetikan pesan, silakan ketik teks perintah atau prompt pada ChatGPT untuk menuliskan abstrak yang cocok dengan karya tulis tertentu.
  • Kirim prompt tersebut dan tunggu beberapa saat hingga ChatGPT menyajikan contoh teks abstrak yang bisa dipakai.
  • ChatGPT bisa menyajikan beberapa versi tanggapan, yang dalam hal ini adalah teks abstrak.
  • Bila kurang puas dengan contoh teks abstrak yang dihasilkan, pengguna bisa meminta ChatGPT buat menyajikan versi lainnya dengan klik opsi “Regenerate response”.

Cukup mudah bukan cara membuat abstrak otomatis? Untuk diketahui, prompt merupakan kunci penting pada ChatGPT. Untuk dapat menyajikan tanggapan secara tepat, pengguna perlu memasukkan prompt ChatGPT dengan detail.

Semakin detail perintahnya maka ChatGPT bisa menyajikan tanggapan yang lebih sesuai dengan keinginan pengguna. Adapun contoh prompt ChatGPT yang bisa dipakai untuk membuat abstrak otomatis adalah sebagai berikut.

Contoh prompt ChatGPT untuk membuat abstrak otomatis

Tolong buatkan bagian abstrak untuk penelitian saya yang berjudul "ABCDEF". Abstrak itu harus mencakup bagian permasalahan yang diangkat, teori yang digunakan, dan hasil penelitian. Adapun detail informasi pada bagian tersebut adalah sebagai berikut:
Permasalahan yang diangkat: “AB”
Teori yang digunakan: “CD”
Hasil penelitian: “EF”

Itulah contoh prompt ChatGPT yang dapat dipakai untuk membuat abstrak otomatis pada karya tulis. Contoh di atas tak wajib ditiru sama persis. Pengguna bisa menyusun sendiri prompt ChatGPT sesuai dengan kebutuhan, asalkan perintahnya detail.

Dengan ChatGPT, membuat bagian abstrak pada karya tulis bisa menjadi lebih mudah. Kendati lebih mudah, ChatGPT sejatinya memiliki keterbatasan. Pengguna harus memahami keterbatasan itu agar dapat memakai ChatGPT secara tepat dan bijak.

Penting diketahui, ChatGPT sebaiknya dipakai sebagai alat bantu saja. Pengguna hendaknya tidak memakai langsung informasi yang dihasilkan ChatGPT. Sebab, ChatGPT masih punya potensi untuk menyajikan informasi yang tidak akurat.

Baca juga: 10 Aplikasi yang Bisa Menjawab Soal Matematika dengan Cara Difoto

Oleh karena itu, pengguna harus senantiasa memeriksa dan memverifikasi kembali keakuratan informasi yang disajikan ChatGPT. Demikianlah penjelasan lengkap mengenai cara membuat abstrak otomatis dengan mudah dan cepat, selamat mencoba.

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno. Caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com