Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pakai "HP Konser 2023" tapi Hasil Foto-Video Kurang Bagus, Ini Trik Biar Fokus dan Tajam

KompasTekno sudah pernah membawa Samsung S23 Ultra ke konser Raisa Live in Concert (Februari 2023), Agust D (Suga BTS) D-Day Tour in Jakarta (Mei 2023), serta konser Hindia dan Soegi Bornean di SXSW Sydney 2023 belum lama ini.

Konser biasanya dilakukan di area indoor atau outdoor saat malam hari dengan efek cahaya (lighting) yang spektakuler. Kondisi cahaya saat konser tak jarang membuat hasil foto terlalu gelap, terlalu terang, berpendar, atau memiliki noise yang terlalu kencang.

Namun, menurut pengalaman kami, hasil foto dan video konser yang diambil Galaxy S23 Ultra bagus dan memuaskan di segala kondisi cahaya. Hal yang paling membuat kami kagum adalah hasil kamera 200 MP dan hasil foto zoom di kondisi cahaya lowlight.

Kami memiliki beberapa trik yang selalu kami lakukan ketika memotret atau merekam konser dengan Samsung S23 Ultra. Sejauh ini, trik ini selalu membuat kami mendapatkan foto dan fancam konser yang fokus dan tajam.

Kami tinggal point and shoot dengan kamera 200 MP (1x), kamera telefoto 10 MP (3x dan 10x), serta kamera ultrawide 12 MP. Kami jarang menggunakan mode Pro, karena hasil foto dari pengaturan bawaan sudah memuaskan.

Namun, sebelum mengeklik tombol shutter, kami selalu mengunci fokus ke obyek foto/video, dalam kasus ini adalah penyanyi yang kami tonton.

Sepengalaman kami, Samsung Galaxy S23 Ultra bisa menangkap fokus dengan cepat dan baik. Namun, dengan mengunci fokus, kami membantu kamera Galaxy S23 Ultra agar semakin mudah memotret musisi favorit kami dengan bagus dan tajam, meski mereka bergerak dan menari-nari di atas panggung.

Cara mengunci fokus gampang. Sebelum memoto atau merekam, pengguna tinggal klik obyek foto/video di layar. Nanti akan muncul lingkaran putih dengan ikon gembok terbuka. Lalu, klik ikon gembok.

Bila gembok sudah menutup dan lingkaran berubah menjadi kuning, itu artinya fokus sudah terkunci. Pengguna tinggal memencet tombol shutter atau tombol rekam video. Usahakan obyek selalu berada di dalam lingkaran kuning agar fokus tetap terjaga.

Pada dasarnya, kamera Galaxy S23 Ultra ini sudah terang dengan setelan pabrik. Ketika panggung menampilkan efek lighting atau background, kamera Galaxy S23 Ultra bisa menjadi terlalu terang alias over exposure.

Untuk menjaga agar cahaya yang ditangkap kamera pas, kami selalu menurunkan exposure ke paling rendah selama menonton konser. Dengan metode ini, kamera bisa menangkap suasana konser dan foto penyanyi favorit kami dengan lebih bagus, fokus, dan tajam. Dalam beberapa kasus, menurunkan exposure juga membuat hasil foto/video menjadi lebih dramatis.

Cara menurunkan exposure mirip seperti mengunci fokus. Pengguna tinggal klik obyek foto/video di layar. Nanti akan muncul ikon matahari di bawah lingkaran putih dengan ikon gembok terbuka.

Pengguna bisa menurunkan tingkat pencahayaan dengan menggeser ikon matahari ke arah kiri hingga mentok.

Coba dua trik ini, maka kalian pasti akan melihat perbedaannya saat merekam dengan mengunci fokus dan menurunkan exposure, dengan yang tidak.

Alasannya, karena ketiga opsi ini menggunakan lensa natif di Samsung Galaxy S23 Ultra. Mode 1x menggunakan kamera utama 200 MP, zoom 3x menggunakan kamera telefoto 10 MP, dan zoom 10x menggunakan kamera telefoto kedua yang juga beresolusi 10 MP.

Jadi, bila memilih opsi zoom 3x dan 10x pada Galaxy S23 Ultra, pengguna bakal memotret/merekam video dengan kamera telefoto secara langsung. Ini membuat hasil foto tetap bagus, fokus, dan tajam meski di-zoom, seperti gambar di bawah.

Sepengalaman menonton konser, kami masih sering menggunakan perbesaran digital 30x, terutama ketika konser diadakan di stadion Gelora Bung Karno. Dengan zoom 30x, hasil foto masih cukup bagus.

Selain zoom 1x, 3x, 10x, 30x, KompasTekno menghindari memotret dengan angka perbesaran zoom digital lainnya, seperti 1,2x, 3,2x, 5,5x, dan lainnya. Kami lebih memilih sekalian menggunakan zoom 1x, 3x, dan 10x untuk hasil yang lebih optimal.

Cara memilih mode 200 MP, pengguna tinggal membuka aplikasi kamera, lalu di atas layar pilih rasio foto mode 200 MP (3:4) atau mode 50 MP (3:4).

Namun, KompasTekno biasanya lebih memilih merekam fancam konser dengan mode perekaman UHD (4K) dengan frame rate 30 fps. Hal ini agar kami bisa mendapatkan fancam konser yang HD dan jernih.

Sebenarnya, pengguna juga bisa memilih mode perekaman 8K 30 fps untuk hasil fancam yang lebih bagus lagi. Namun, perlu dicatat, perekaman dengan resolusi tinggi ini bakal menyita lebih banyak memori karena ukuran file-nya yang besar.

Berikut hasil fancam konser Suga BTS dan Raisa yang direkam dengan Samsung S23 Ultra dengan mode perekaman 4K 30 fps.

https://tekno.kompas.com/read/2023/10/27/14350017/pakai-hp-konser-2023-tapi-hasil-foto-video-kurang-bagus-ini-trik-biar-fokus-dan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke