Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Galaxy S24 Ultra Jadi HP Android Terlaris Awal 2024

Kompas.com - 09/05/2024, 19:00 WIB
Lely Maulida,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Samsung dan Apple menjadi merek yang paling laris di dunia pada triwulan pertama tahun ini. Setidaknya begitu menurut laporan firma riset Counterpoint yang diterbitkan pada Senin (6/5/2024).

Dalam laporan itu, Counterpoint merangkum 10 smartphone terlaris di dunia pada kuartal I-2024. Menariknya, daftar ini hanya diisi oleh smartphone dari dua merek ternama, yaitu Apple dan Samsung.

Samsung Galaxy S24 Ultra menjadi smartphone Android terlaris di dunia pada kuartal Januari-Maret 2024. Sebab, ponsel ini meraih penjualan tertinggi dengan pangsa pasar 1,9 persen dibanding ponsel Android lainnya dalam daftar. 

Baca juga: 5 Besar Vendor Ponsel Global Versi Counterpoint, Samsung Teratas

Samsung Galaxy S24 Ultra sebenarnya berada di peringkat kelima dalam daftar smartphone terlaris dunia awal 2024. Meski begitu, Samsung Galaxy S24 Ultra menjadi smartphone Android paling laris awal 2024. Sebab, empat posisi di atasnya diisi oleh iPhone yang berbasis sistem operasi iOS.

Counterpoint menilai bahwa fitur kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) generatif pada Galaxy S24 series turut mendorong penjualan ponsel flagship Samsung.

"Performa yang kuat dari Galaxy S24 series boleh jadi karena perilisan yang lebih awal serta upaya Samsung dalam teknologi AI generatif," demikian keterangan Counterpoint, dikutip KompasTekno dari situs web resminya, Kamis (9/5/2024).

Selain Galaxy S24 Ultra, model ponsel Android lainnya yang laris manis di berbagai negara yaitu Galaxy A15 5G, Galaxy S24 hingga Galaxy A34. 

Buntuti iPhone

Secara umum, ada masing-masing lima model iPhone dan ponsel Samsung Galaxy yang masuk dalam daftar ponsel terlaris kuartal I-2024 versi Counterpoint. Sebagian besar adalah ponsel flagship.

Ponsel terlaris peringkat pertama adalah iPhone 15 Pro Max dengan pangsa pasar 4,4 persen. Ponsel ini dibuntuti model iPhone lainnya termasuk iPhone 15, iPhone 15 Pro dan iPhone 14.

Baca juga: Penjualan iPhone Turun 10 Persen pada Awal 2024

Menurut Counterpoint, iPhone Pro berkontribusi sekitar 60 persen terhadap nilai penjualan iPhone pada kuartal I-2024. Angka ini juga menunjukkan bahwa konsumen rela menggelontorkan uang lebih banyak untuk model ponsel flagship dengan fitur premium, termasuk fitur Dynamic Island, sasis titanium hingga kamera telefoto.

Selain iPhone, sejumlah model ponsel Samsung juga masuk dalam daftar itu, termasuk flagship perusahaan, Galaxy S24 Ultra hingga Galaxy S24. Berikut rincian daftarnya.

Daftar smartphone terlaris di dunia kuartal I-2024

  1. iPhone 15 Pro Max - 4,4 persen
  2. iPhone 15 - 4,3 persen
  3. iPhone 15 Pro - 3,7 persen
  4. iPhone 14 - 1,9 persen
  5. Galaxy S24 Ultra - 1,9 persen
  6. Galaxy A15 5G - 1,5 persen
  7. Galaxy A54 - 1,4 persen
  8. iPhone 15 Plus - 1,3 persen
  9. Galaxy S24 - 1 persen
  10. Galaxy A34 - 1 persen

Firma riset itu manilai bahwa konsumen masih memakai smartphone untuk jangka waktu yang lama, karena upgrade ke model terbaru masih menawarkan keterbatasan fitur. Oleh karena itu, konsumen lebih memilih smartphone flagship guna memastikan perangkat tetap relevan untuk jangka panjang.

Ke depannya Counterpoint memproyeksikan bahwa 10 smartphone terlaris selanjutnya akan memiliki pangsa pasar lebih besar. Sebab, vendor ponsel fokus pada portofolio lebih ringkas dengan fitur premium termasuk AI generatif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com