Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Unboxing HP Smart Tank 580, Printer Ekonomis dengan Tinta Isi Ulang

HP Smart Tank 580 merupakan tipe printer all-in-one yang turut dibekali dengan scanner flatbed untuk keperluan memindai aneka dokumen.

Perangkat yang ditujukan bagi pengguna rumahan ini menjanjikan kemampuan mencetak dalam volume tinggi dengan biaya ekonomis.

Masing-masingnya adalah tangki tinta warna black, cyan, magenta, dan yellow untuk menghasilkan kombinasi warna CMYK yang umum digunakan dalam pencetakan.

Karena menggunakan sistem ink tank alih-alih cartridge konvensional, pengguna HP Smart Tank 580 pun bisa mengisi ulang sendiri tinta printer dengan membeli botol tinta refill yang dijual terpisah.

Pengisian dilakukan dengan cara menuangkan tinta dari botol ke tangki. Ujung botol dan mulut tangki didesain sedemikian rupa dengan untuk mempermudah prosesnya sekaligus mencegah tumpahan tinta. Tutup tangki pun memiliki segel dari karet.

Selain itu HP Smart Tank 580 turut yang berpenampilan menarik dengan desain berkelir putih dan abu-abu ini dibekali dengan sensor yang akan memberitahu pengguna lewat notifikasi di aplikasi HP Smart App apabila tinta sudah menipis.

HP Smart Tank 580 memang bisa terhubung ke internet via Wi-Fi untuk koneksi ke aplikasi. Pengguna pun dapat melakukan pencetakan secara remote dari luar rumah.

Bisa cetak ribuan halaman

Di dalam kemasan penjualan Smart Tank 580, HP menyertakan empat botol tinta black, cyan, magenta, dan yellow. Tiga botol tinta warna (GT52) memilki volume 50 ml, sementara botol tinta hitam (GT53XL) lebih besar dengan volume 135 ml.

Selain botol tinta, disediakan pula dua buah print head (untuk tinta hitam dan warna), kabel USB A ke USB B untuk koneksi dari printer ke komputer, kabel daya, serta buku manual, serta dokumentasi untuk hal-hal lain seperti garansi.

Buku manual memuat cara pemasangan print head, pengisian tinta, dan pengoperasian printer untuk pertama kali berikut ilustrasinya sehingga mudah untuk diikuti.

Terlebih, Smart Tank 580 memiliki duty cycle hingga 3.000 halaman A4 per bulan (volume rekomendasi 400-800 halaman per bulan).

HP Smart Tank 580 bisa mencetak berbagai ukuran dan format kertas, yakni A4, B5, A6, DL envelope, dan legal. Pencetakan borderless bisa dilakukan hingga ukuran A4.

Sementara, keepatan pencetakannya 12 halaman per menit untuk black (ISO, A4) dan 5 halaman per per menit untuk warna (ISO). Pencetakan warna bisa dilakukan dengan resolusi hingga 1.200 x 1.200 dpi, sedangkan warna 4.800 x 1.200 dpi.

Scanner flatbed yang terintegrasi di printer all-in-one ini bisa diakses dengan cara membuka penutup di bagian atas. Resolusi pemindaian maksimalnya mencapai 1.200 dpi.

HP Smart Tank 580 dipasarkan dengan harga relatif terjangkau di Indonesia sesuai peruntukannya sebagai printer budget friendly, yakni Rp 3.000.000. Banderol di situs resmi HP Indonesia bahkan lebih murah di angka Rp 2.375.000.

https://tekno.kompas.com/read/2024/01/31/16350047/unboxing-hp-smart-tank-580-printer-ekonomis-dengan-tinta-isi-ulang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke