Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Menjajal M6 Pro, HP 2 Jutaan dengan Layar AMOLED 120 Hz dan OIS

Salah satunya adalah Poco M6 Pro yang dibanderol dengan kisaran harga Rp 2 jutaan. Ponsel ini memiliki desain baru yang membuatnya terlihat berbeda dari perangkat-perangkat sebelumnya.

Selain itu, Poco M6 Pro turut dibekali sejumlah fitur baru yang disematkan untuk pertama kalinya di seri ponsel M Series Poco, seperti layar AMOLED 120 Hz dengan in-display fingerprint scanner dan peredam goyangan di kamera utama.

Seperti biasa, di bagian belakang kotak tertera keterangan varian warna dan spesifikasi singkat dari perangkat yang tersimpan di dalamnya. Poco M6 Pro hanya tersedia dalam konfigurasi RAM 8 GB dan media internal 256 GB.

Ponsel dengan baterai berkapasitas 5.000 mAh ini sekarang sudah mendukung fast charging 67 watt. Charger dengan keluaran daya yang sesuai pun sudah disertakan di dalam kemasan sehingga pengguna tak perlu membeli secara terpisah.

Ada sebuah casing berwarna hitam untuk melindungi perangkat. Bagian dalam casing memiliki tekstur garis-garis vertikal, sementara sisi luarnya terasa mirip karet ketika diraba.

Pengguna juga bisa menemukan beberapa pernak-pernik lain seperti paket stiker bertema Poco, SIM card ejector tool, serta booklet panduan singkat dan garansi.

Desain baru, kamera dengan OIS

Tampilan Poco M6 Pro bisa dibilang banyak dirombak dibandingan perangkat terdahulu. Bagian punggungnya mengusung konsep duotone dengan warna dan finishing berbeda.

Di genggaman tangan, perangkat ini terasa ringan. Product PR Manager Poco Indonesia Abee Hakiim mengatakan bahwa Poco M6 Pro memang terbilang enteng dan langsing dengan bobot 179 gram dan ketebalan 7,9 mm.

"Dimensi fisik tersebut di kelas ponsel ini masih terbilang langka," ujar Abee ketika memperkenalkan Poco M6 Pro dalam acara peluncuran.

Tampilan kamera Poco M6 Pro juga berbeda karena sekarang lensa-lensanya tertanam langsung di bodi, dengan penampang bundar berukuran besar untuk kamera utama dan kamera ultra wide.

Dua kamera lainnya sudah banyak ditemukan di ponsel-ponsel Poco lain, yakni ultra wide 8 MP (f/2.2) dan kamera macro 2 MP (f/2.4).

Seperti biasa, bagian bawah Poco M6 Pro memuat konektor USB-C dan loudspeaker pertama. Di sisi atas terdapat loudspeaker kedua, konektor jack audio 3,5mm, dan IR blaster untuk mengendalikan perangkat home appliances seperti TV dan AC.

Laci SIM card Poco M6 Pro berjenis hybrid, bisa memuat dua buah kartu nano SIM sekaligus atau satu kartu nano SIM ditambah satu kartu memori microSD hingga kapasitas 1 TB.

Layar AMOLED 120 Hz, in-display fingerprint scanner

Komponen layar tak ketinggalan diperbarui. Poco M6 Pro boleh dibilang memiliki display dengan spesifikasi tertinggi di antara ponsel-ponsel M Series lain dari Poco.

Layar Poco M6 Pro kini menggunakan panel AMOLED 6,67 ici (2.400 x 1.080 piksel, 20:9) dengan refresh rate mencapai 120 Hz dan tingkat kecerahan 1.000 nits (HBM), serta turut dilapis kaca pelindung Gorilla Glass 5.

Bagian bingkai alias bezel yang mengelilingi layar Poco M6 Pro terlihat tipis sehingga membuat tampilannya menjadi makin luas. Ketebalannya pun seragam di semua sisi. Hal ini bisa dibilang jarang ditawarkan oleh ponsel lain di segmen harganya.

Perlu dicatat bahwa Poco M6 Pro yang dipasarkan di Indonesia adalah versi 4G, bukan 5G. Namun, di luar dukungan jaringan seluler, spesifikasi Poco M6 Pro 4G secara keseluruhan lebih tinggi dibanding versi 5G, termasuk dalam hal kamera, layar, hingga dapur pacu.

Poco M6 Pro ditenagai system-on-chip Helio G99 Ultra dari MediaTek yang menurut Product Marketing Manager Poco Indonesia, Jeksen, adalah chip khusus hasil tuning lebih lanjut oleh Xiaomi.

"Helio G99 Ultra memungkinkan in-sensor zoom sebesar 2x," ujar Jeksen, mengacu pada kapabilitas kamera utama Poco M6 Pro. Sebagian besar spesifikasi Helio G99 Ultra sendiri masih sama dengan Helio G99 non-ultra.

Berbeda dari Poco X6 Pro 5G yang sudah menjalankan sistem operasi terbaru HyperOS, Poco M6 Pro masih menggunakan MIUI 14 berbasis Android 13. Belum diketahui kapan ponsel ini bakal kebagian update HyperOS.

Poco M6 Pro dijadwalkan mulai dijual pada 7 Februari mendatang secara online di Po.co.id dan toko resmi di rekanan-rekanan marketplace Poco. 

Harga Poco M6 Pro dipatok sebesar Rp 2.799.000 untuk harga perkenalan, dan Rp 2.999.000 untuk harga ritel. Ponsel ini ditawarkan dalam opsi warna biru dan hitam.

https://tekno.kompas.com/read/2024/02/03/13310077/menjajal-m6-pro-hp-2-jutaan-dengan-layar-amoled-120-hz-dan-ois

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke