Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Telkomsel Ungkap Perubahan Trafik Data selama Bulan Puasa

KOMPAS.com - Telkomsel, melalui unit bisnis Telkomsel Enterprise merilis riset terbaru berjudul "Ramadhan Insight 2024". Seperti namanya, riset ini memaparkan sejumlah perilaku dan perubahan konsumen dalam merayakan bulan Ramadhan. 

Vice President Digital Advertising, Wholesale & Interconnect Telkomsel, Arief Pradetya mengatakan riset ini bisa dipakai untuk melihat peluang bisnis berdasarkan dinamika konsumen di bulan Ramadhan.

"Melalui hasil riset ini, kami berupaya untuk memberikan wawasan yang mendalam kepada pelaku bisnis tentang perilaku konsumen selama periode Ramadan." kata Arief dalam keterangan resmi yang diterima KompasTekno, Minggu (31/3/2024).

Salah satu hal yang disorot dalam riset ini adalah peningkatan trafik data selama bulan Ramadhan di berbagai segmen atau kategori pengguna.

Pada kategori pengguna yang biasa memainkan game alias gamer, misalnya, Telkomsel menyebut ada peningkatan trafik data sebesar 20 persen selama Ramadhan dibanding hari biasa, dan hal ini biasanya terjadi pada waktu menjelang berbuka puasa.

Dalam momen ini, Telkomsel menyebut mayoritas gamer memainkan game Mobile Legends: Bang Bang, Free Fire, dan Roblox.

Kemudian untuk segmen anak muda alias youth, Telkomsel juga mencatat bahwa segmen ini 10 persen lebih aktif di internet pada bulan Ramadhan dibanding hari biasa.

Untuk segmen pengguna yang gemar berbelanja atau berburu promo, Telkomsel menyebut kategori ini 26 persen lebih aktif menyumbang trafik data di bulan Ramadhan dibanding hari biasa.

Kegiatan para pencari promo ini terfokus di platform e-commerce, dan aktivitas berbelanja, menurut Telkomsel mayoritas dilakukan pada malam hari (33 persen, sebelum berbuka puasa (23 persen), dan malam hari (21 persen). 

Selain peningkatan trafik data berdasarkan segmen konsumen, Telkomsel juga mengumbar beberapa temuan penting lainnya dalam riset Ramadan Insight 2024. 

Beberapa di antaranya seperti platform e-commerce yang diminati, alokasi pengeluaran dan pilihan moda transportasi untuk mudik, hingga produk yang menjadi prioritas pembelian di bulan Ramadhan. 

Ramadhan Insight 2024 merupakan riset perilaku konsumen yang dikumpulkan dari data platform tsurvey.id dan telco data insight. Informasi lengkap mengenai riset terbaru Telkomsel Enterprise ini bisa dibaca di tautan berikut ini. 

"Kami berharap dengan di rilisnya riset Ramadan Insight 2024 ini, para pelaku bisnis dapat mengoptimalkan strategi pemasaran mereka untuk menjangkau pasar yang lebih luas dan tepat sasaran, sehingga dapat memenuhi semua kebutuhan pelanggan yang beragam selama momen Ramadhan dan mudik lebaran tahun 2024,” pungkas Arief.

https://tekno.kompas.com/read/2024/03/31/19000057/telkomsel-ungkap-perubahan-trafik-data-selama-bulan-puasa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke