Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Epic Games Gratiskan 3 Game, Ada "Thief" dan "The Outer Worlds"

Game gratis tersebut mencakup The Outer Worlds: Spacer's Choice Edition, Thief, dan Ghostrunner.

The Outer Worlds: Spacer's Choice Edition dan Thief dapat diklaim dan dimainkan mulai 5 April hingga 11 April 2024 pukul 22.00 WIB. Setelah itu, kedua game ini bakal digantikan oleh Ghostrunner, yang dapat diklaim hingga 18 April 2024 mendatang.

Berikut ini deskripsi singkat untuk ketiga game yang digratiskan oleh Epic Games Store.

1. The Outer Worlds: Spacer's Choice Edition

The Outer Worlds: Spacer's Choice Edition merupakan versi pembuatan ulang (remaster) dari The Outer Worlds versi orisinal (2019). Sebagai remaster, edisi Spacer's Choice ini membawa peningkatan visual dan batas level karakter yang lebih tinggi.

Tak hanya itu, versi remaster ini sudah mencakup konten tambahan (DLC) The Outer Worlds Peril on Gorgon dan The Outer Worlds Murder on Eridanos. Jadi, game ini bisa dibilang sebagai versi lengkap dan mahal dari The Outer Worlds reguler.

The Outer Worlds bercerita tentang seorang tokoh bernama Stranger di kapal luar angkasa "Hope". Kapal ini tersesat dalam perjalanannya ke sistem bintang Halcyon.

Beberapa dekade kemudian, Stranger terbangun dan menemukan bahwa kondisi Halcyon sedang tidak baik-baik saja, akibat keserakahan berbagai perusahaan besar. Stranger pun memiliki misi untuk menyatukan penyintas di kapal Hope demi menyelamatkan Halcyon.

Sehubungan dengan itu, pengguna akan melakukan kustomisasi tampilan karakternya terlebih dahulu.

Setelah itu, pengguna akan menelusuri peta (map) yang luas untuk merekrut karakter nonpemain (NPC), melawan monster, dan mengerjakan misi cerita atau sampingan.

2. Thief

Seperti namanya, game dengan genre menyusup (stealth) ini mengajak pengguna untuk berperan sebagai pencuri (thief) bernama Garrett. Garrett hanya mencuri dari orang kaya saja, sehingga mirip seperti tokoh fiktif Robin Hood.

Dalam berbagai misi pencuriannya ini, Garrett bakal menelusuri kota "The City" yang memadukan arsitektur Victoria dan Gotik.

Ia bisa menyelesaikan misinya dengan dua strategi, yakni membunuh semua musuh dengan pisau, busur panah, dan senjata lainnya, atau menyusup diam-diam tanpa terdeteksi oleh penghuni The City.

Jika memilih opsi kedua, pengguna bisa mengandalkan baton Blackjack untuk membuat polisi pingsan, busur panah sebagai distraksi, dan alat Claw untuk melompat tinggi ke tepian yang sulit dicapai.

Adapun Thief merupakan salah satu dari sejumlah game bikinan Eidos-Montreal yang pernah dibagikan secara gratis di Epic Games.

Sebelumnya, Epic Games sempat membagikan Deus Ex: Mankind Divided, Shadow of the Tomb Raider, dan Marvel's Guardians of the Galaxy secara cuma-cuma. Dengan memainkan deretan game ini, pengguna bisa melihat perkembangan developer tersebut dari masa ke masa.

3. Ghostrunner

Ghostrunner bisa dibilang sebagai game yang menantang. Sebab, baik pengguna maupun musuh akan "mati" apabila terkena serangan alias damage.

Sehubungan dengan itu, pengguna diharuskan melompat, berlari di dinding,  dan meluncur (slide) terus-menerus untuk menghindari serangan musuh. Pada saat yang sama, pengguna mesti mendekati musuh untuk menebas mereka.

Dalam pertarungan, pengguna juga bisa memanfaatkan mekanisme bernama "Sensory Boost". Mekanisme ini memungkinkan pengguna untuk memperlambat waktu, serta menghindari atau memantulkan peluru musuh.

Seiring berjalannya waktu, pemain bisa meningkatkan kemampuan (skill) yang dimiliki. Salah satunya adalah "Tactical Overlay", yang membuat musuh bersinar berwarna merah, sehingga pengguna dengan mudah mendeteksi mereka dan menumpaskannya.

Begitu menamatkan Ghostrunner, pengguna bisa melirik sekuelnya yang berjudul Ghostrunner 2. Sejauh ini Epic Games Store sendiri belum pernah menggratiskan Ghostrunner 2.

Cara mengeklaim dan mengunduh game gratis di Epic Games Store

Pengguna yang tertarik dapat mengeklaim The Outer Worlds: Spacer's Choice Edition, Thief, dan Ghostrunner lewat tautan berikut ini. Alternatifnya, pengguna bisa mengeklaim trio game tersebut lewat aplikasi (launcher) Epic Games.

Berikut ini KompasTekno rangkum cara untuk mengeklaim dan mengunduh game gratis Epic Games Store:

  • Unduh launcher Epic Games
  • Cari ketiga judul game yang sudah digratiskan di toko Epic Games, misalnya Ghostrunner
  • Pilih "Get" dan "Place Order"
  • Buka "Library", cari game yang sudah diklaim, dan klik tombol "Install"

Ketiga game yang sudah dipaparkan sebelumnya memiliki waktu klaim yang terbatas. Setelah waktu klaim berakhir, harga game tersebut akan kembali normal.

Jika pengguna sudah mengeklaimnya sebelum waktu itu berakhir, deretan game ini akan tersedia secara permanen di akun pengguna. Dengan kata lain, game tetap menjadi hak milik pengguna dan bisa di-install atau di-uninstall sesuka hati.

https://tekno.kompas.com/read/2024/04/07/09000067/epic-games-gratiskan-3-game-ada-thief-dan-the-outer-worlds-

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke