Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Samsung Rilis All-In-One Pro, AIO PC Pesaing Apple iMac

KOMPAS.com - Samsung resmi meluncurkan komputer (PC) all-in-one (AIO) terbarunya yang bernama All-In-One Pro.

Secara desain, AIO PC ini mirip dengan iMac buatan Apple. Artinya, PC ini sudah dilengkapi dengan layar dan dudukannya supaya layar bisa berdiri di atas permukaan datar, seperti meja, dengan baik. 

Seperti diketahui, all in one PC merupakan komputer yang menggabungkan semua komponen utama, seperti monitor dan CPU dalam satu unit.

Nah, untuk Samsung All-In-One Pro, beragam komponen atau hardware pendukung PC, seperti prosesor (CPU), pengolah grafis (GPU), RAM, media penyimpanan (storage), dan lain sebagainya terletak di bagian belakang layar. 

Secara desain, All-In-One Pro mengusung layar yang cukup luas dengan ukuran 27 inci dan resolusi 4K. Layar ini dilapisi dengan bingkai berbahan metal, sehingga akan terlihat mewah dan kokoh.

Masih soal tampilan, All-In-One Pro memiliki dimensi ketebalan 6,5 mm dan sudah dibekali dengan aksesori berupa keyboard dan mouse nirkabel yang memiliki material dan warna senada dengan unit AIO PC. 

All-In-One Pro juga sudah dilengkapi dengan speaker 3D berteknologi Dolby Atmos, sehingga pengguna tak memerlukan speaker tambahan untuk menikmati audio dari AIO PC ini.

Beralih ke aspek hardware, AIO PC buatan Samsung ini ditenagai dengan CPU Intel Core Ultra. Tidak disebutkan model CPU Intel Core Ultra apa yang diusung AIO PC ini. 

Namun, performa CPU tersebut diklaim lebih cepat dari prosesor Intel Core i5 Generasi ke-13, CPU yang dipakai di AIO PC Samsung generasi sebelumnya.

Samsung juga tak menyebut konfigurasi RAM dan storage AIO PC ini. Namun, CPU Intel Core Ultra di All-In-One Pro PC konon dipadukan dengan RAM 16 GB dan storage SSD dengan kapasitas hingga 256 GB (kapasitas RAM dan SSD bisa lebih besar lagi).

Nah, karena merupakan PC buatan Samsung, All-In-One Pro PC tentunya sudah dibekali dengan beragam fitur yang bisa mempermudah konsumen mengelola perangkat Samsung di ekosistem Galaxy. 

Beberapa di antaranya seperti fitur Buds Auto Switch, Multi Control, Quick Share, hingga Second Screen. 

Pengguna juga bisa memanfaatkan Windows Phone Link untuk melakukan sinkronisasi terhadap ponsel Galaxy mereka, sehingga bisa mengakses foto, video, SMS, hingga notifikasi secara langsung di PC tanpa melihat atau membuka ponsel. 

Selain fitur-fitur di atas, beberapa fitur pendukung lainnya yang ada di All-In-One Pro mencakup port HDMI, USB-A, Ethernet, earphone jack 3.5 mm, Bluetooth 5.3, WiFi 6E, webcam, dan sistem operasi Windows 11 Home.

Di pasar Korea Selatan, Samsung All-In-One Pro PC ini dijual dengan harga 1,99 juta won Korea atau sekitar Rp 23,2 juta, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Sammobile, Selasa (16/4/2024). 

Belum ada informasi apakah komputer mirip iMac ini akan dipasarkan di luar Korea Selatan, seperti Indonesia, atau tidak. Kita tunggu saja. 

https://tekno.kompas.com/read/2024/04/16/19160047/samsung-rilis-all-in-one-pro-aio-pc-pesaing-apple-imac

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke