Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Menjajal Dream Machine, AI untuk Bikin Video dari Teks yang Bisa Dicoba Gratis

Dream Machine adalah model AI generatif (generative AI) yang mampu menghasilkan video dari perintah teks (prompt) dan gambar, sehingga mirip seperti teknologi AI text-to-video Sora bikinan OpenAI dan Kling besutan Kuaishou.

Video ini bisa mengadopsi gaya visual realistis, kartun, dan lain sebagainya.

Bedanya, Dream Machine bisa dicoba gratis oleh semua pengguna mulai hari ini juga, berbeda dari Sora dan Kling yang aksesnya masih dibatasi untuk sejumlah pengguna serta rekan perusahaan itu saja.

Dream Machine bisa dijajal di situs resmi Luma Labs, baik lewat peramban (browser) di komputer (PC) maupun perangkat mobile (Android/iOS).

Pengguna dapat membuat 30 video gratis per bulan. Jika habis, pengguna mesti menunggu bulan berikutnya untuk bisa membuat video baru.

Alternatifnya, pengguna bisa berlangganan layanan berbayar untuk membuat lebih banyak video, dengan paket termurah dibanderol 29,99 dollar AS (Rp 488.424) per bulan.

KompasTekno pun sudah mencoba membuat beberapa video menggunakan Dream Machine.

Prosesnya, kami mengunjungi situs Luma Labs terlebih dahulu kemudian masuk (login) menggunakan akun Google. Kami tidak usah membuat username atau kata sandi (password).

Setelah proses login, kami mengeklik "Try Now" (Coba sekarang) untuk memulai pembuatan video.

Kolom teks ini bisa diisi berbagai ide yang dimiliki pengguna, misalnya "seorang perempuan sedang berdansa dengan sudut pandang dari atas". Perintah teks ini ditulis dalam Bahasa Inggris.

Jika belum punya ide, pengguna dapat memilih ide prompt dari Luma Labs, yang ditempatkan di bawah kolom tersebut.

Setelah memasukkan prompt, kami menunggu pemrosesan video sekitar dua menit. Jika jumlah permintaan pembuatan video tinggi, pemrosesan video ini akan dimasukkan ke antrean (queue).

Hasil video ini memiliki durasi lima detik, dan akan disimpan di menu "My Videos" di kanan atas halaman situs.

Percobaan pertama, KompasTekno meminta Dream Machine untuk membuat video kumpulan kesatria hewan yang berada di peperangan abad pertengahan, dengan mengadopsi sudut pandang group shot.

Kami menambahkan keterangan jenis hewan di video tersebut, misalnya tikus dan kura-kura, serta sejumlah senjata yang digunakan para kesatria tersebut, seperti pedang dan tombak.

Hasilnya, Dream Machine memang menghasilkan video yang menggambarkan para kesatria di abad pertengahan, seperti yang bisa dilihat dalam tautan berikut ini.

Beralih ke video kedua, kami menggunakan ide prompt dari Dream Machine.

Perintah itu menggambarkan sekumpulan sapi yang bergerak perlahan melintasi padang rumput, dengan gerakan kamera yang menyamping dan mulus.

Berbeda dari video sebelumnya, video kedua ini mempunyai hasil yang lebih baik. Hal ini dapat dimungkinkan karena prompt Dream Machine lebih jelas, rapi, dan mempunyai keterangan yang lengkap.

Dream Machine berhasil menyulap gambar menjadi video, walaupun anjing tersebut tidak dibuat melompat.

Menurut Luma AI, hal ini dikarenakan Dream Machine merupakan merupakan model AI transformator yang efisien dan bisa diskalakan (scalable), yang dilatih langsung dengan berbagai video.

Dengan begitu, AI mampu menghasilkan video yang akurat secara fisik dan konsisten.

Model AI text-to-video ini juga memahami bagaimana makhluk hidup berinteraksi dengan dunia fisik.

Kami sebenarnya juga melakukan percobaan keempat. Akan tetapi, sistem Dream Machine sedang sibuk sehingga video kami masih ada di antrean, sekitar empat jam setelah kami mengirimkan prompt itu.

Tidak ada tombol untuk menyimpan (save) video tersebut, tetapi pengguna bisa mengeklik kanan (right click) video dan menekan "Save Video" di komputer, atau menahan (hold) video dan memilih "Download video" di mobile.

Pengguna pun dapat langsung membagikan tautan (link) hasil karyanya kepada teman-temannya.

Catatannya, teman yang ingin melihat video AI di Dream Machine harus login Google terlebih dahulu, sebagaimana dikutip KompasTekno dari Luma Labs, Kamis (13/6/2024).

Nah, pengguna dapat melihat beberapa contoh video bikinan Luma AI lewat posting media sosial X (dahulu Twitter) di bawah ini:

https://tekno.kompas.com/read/2024/06/17/17020037/menjajal-dream-machine-ai-untuk-bikin-video-dari-teks-yang-bisa-dicoba-gratis

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke