Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bukti Smartwatch Samsung Galaxy Watch FE dan Galaxy Watch 7 Segera Masuk Indonesia

Indikasinya, kedua smartwatch tersebut sudah terdaftar di laman sertifikasi Postel Ditjen SDPPI Kemenkominfo.

Pantauan KompasTekno, Selasa (18/6/2024), Galaxy Watch FE dan Galaxy Watch 7 terdaftar dalam dua sertifikat berbeda, tapi sama-sama diajukan oleh PT Samsung Telecommunication Indonesia.

Dalam sertifikat bernomor 99896/SDPPI/2024 yang terbit pada 11 Juni, tercantum perangkat smartwatch dengan nomor model "SM-R861". Perangkat ini memiliki nama pemasaran "Galaxy Watch FE".

Selanjutnya, ada perangkat smartwatch dengan nomor model "SM-L310" di bawah sertifikat bernomor 100000/SDPPI/2024 yang terbit pada 13 Juni. Perangkat ini memiliki nama pemasaran "Galaxy Watch 7".

Sejauh ini, Samsung baru mengumumkan kehadiran Galaxy Watch FE secara global. Sementara itu, kehadiran Galaxy Watch 7 masih menjadi misteri. Konon, Galaxy Watch 7 akan debut bersama duo ponsel lipat baru Samsung Galaxy Z Flip 6 dan Z Fold 6 di Paris.

Galaxy Watch FE hasil rebranding

Samsung baru saja mengumumkan Galaxy Watch FE (Fan Edition) secara global pada Kamis (13/6/2024). Ini merupakan arloji pintar pertama Samsung di lini Watch FE.

Embel-embel FE ini mengindikasikan bahwa lini Galaxy Watch FE hadir dengan spesifikasi lebih ringan dibandingkan seri Galaxy Watch lainnya.

Dalam hal Galaxy Watch FE, smartwatch ini merupakan perangkat Galaxy Watch 4 (2021) yang diganti mereknya, dan diluncurkan kembali.

Meski begitu, Galaxy Watch FE membawa satu perubahan dibanding Watch 4 (2021), yaitu menggunakan kaca safir di atas layarnya. Ini merupakan peningkatan dari kaca Gorilla Glass DX+ yang digunakan di layar Galaxy Watch 4 ketika dirilis tiga tahu lalu.

Galaxy Watch FE hadir dengan casing aluminium, layar sentuh Super AMOLED 1,2 inci 396×396, SoC Exynos W920, RAM 1,5 GB, penyimpanan 16 GB, dan baterai 247 mAh.

Arloji pintar ini menjalankan sistem operasi Wear OS dilapisi antarmuka OneUI 5 Watch.

Seperti seri Galaxy Watch lainnya, Samsung Watch FE juga dibekali beragam fitur kesehatan dan kebugaran. Misalnya, melacak pola tidur, pemantaua kesehatan jantung dan tekanan darah.

Ini berkat dukungan sensor Samsung BioActive Sensor (Optical Heart Rate + Electrical Heart + Bioelectrical Impedance Analysis), Accelerometer, Barometer, Gyro Sensor, Geomagnetic Sensor, hingga Light Sensor

Untuk kebugaran, pengguna bisa melacak lebih dari 100 jenis olahraga di Galaxy Watch FE. Galaxy Watch FE dilengkapi durabilitas seperti tahan terhadap debu dan air dengan rating IP68. Secara teori, jam pintar ini bisa bertahan di bawah air dengan kedalaman 1,5 meter selama 30 menit.

Samsung Galaxy Watch FE juga mendukung fitur ketahanan 5 ATM, sehingga smartwatch ini tahan tekanan setara kedalaman 50 meter di bawah air. Ada juga sertifikasi ketahanan standar Military Grade Shock Resistance atau MIL-STD 810H.

Galaxy Watch FE ini kompatibel digunakan dengan smartphone Android 11 atau yang lebih baru dengan RAM lebih dari 1,5 GB.

Samsung Galaxy Watch FE dijadwalkan tersedia dalam pilihan warna hitam, pink gold, dan silver. Galaxy Watch FE juga hanya tersedia dalam satu ukuran, yakni 40 mm.

Samsung Watch FE akan tersedia mulai 24 Juni 2024, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari GSMArena, Selasa (18/6/2024).

Adapun harga Galaxy Watch FE adalah sebagai berikut:

  • Galaxy Watch FE 40mm (WiFi only) - 199 dollar AS (sekitar Rp 3,2 juta)
  • Galaxy Watch FE 40mm (WiFi+LTE) - 249,99 dollar AS (sekitar Rp 4 juta)

https://tekno.kompas.com/read/2024/06/18/15000037/bukti-smartwatch-samsung-galaxy-watch-fe-dan-galaxy-watch-7-segera-masuk

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke