Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Aplikasi Voice Over untuk Bikin Suara Rekaman Konten Lebih Bagus

Kompas.com - 29/06/2024, 16:35 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Berbagai konten di TikTok atau Instagram saat ini biasanya akan menampilkan alih suara (dubbing) untuk menambah estetik dan detail konten. Salah satu upaya kreator konten untuk menambahkan perekaman suara adalah dengan melakukan dubbing melalui aplikasi voice over.

Aplikasi voice over berguna untuk menambahkan narasi atau suara dalam berbagai jenis konten. Ini berfungsi untuk memberikan informasi tambahan atau panduan kepada audiens lewat suara.

Saat ini terdapat aplikasi-aplikasi voice over yang bisa diunduh gratis di ponsel Android atau iOS. Nah bagi Anda yang sedang mencari aplikasi voice over untuk membuat suara agar konten lebih bagus, selengkapnya berikut ini rangkuman pilihannya.

Baca juga: 4 Aplikasi Voice Over di HP Android dan iPhone untuk Bantu Bikin Konten

Smart Voice Recorder

Aplikasi Smart Voice RecorderKompas.com/soffyaranti Aplikasi Smart Voice Recorder

Aplikasi Smart Voice Recorder kompatibel dengan Android dan merupakan perekam suara tingkat menengah yang dilengkapi dengan fitur pengeditan. Aplikasi ini dianggap sebagai salah satu yang terbaik untuk sulih suara berkat antarmuka penggunanya yang ramah bagi pemula.

Smart Voice Recorder memiliki fitur Dolby ON yang menyediakan pengurangan kebisingan, antarmuka yang mudah dipahami, dan gratis. Kendati demikian aplikasi ini cukup banyak berisi iklan dan memiliki opsi berbagi file terbatas. Smart Voice Recorder dapat diunduh di Google Play Store

Voice Memo

Voice Memos Kompas.com/soffyaranti Voice Memos

Voice Memo merupakan aplikasi perekaman suara bawaan di perangkat Apple. Beberapa fitur Voice Memo meliputi, perekaman memo suara, fitur mikrofon internal, serta memotong dan mengedit rekaman.

Selain itu Voice Memo memiliki fitur yang memungkinkan Anda menyimpan rekaman Anda dengan aman dan sinkron di semua perangkat Apple. Umumnya Voice Memo secara default terinstal di perangkat. Namun Anda bisa menginstalnya di Apple Store.

Dolby On

Dolby OnApp Store Dolby On

Dolby On merupakan aplikasi perekam suara yang utamanya dirancang untuk merekam musik live. Dengan Dolby On, Anda bisa mendapatkan rekaman musik dengan kualitas studio, dan yang terbaik adalah antarmukanya mudah digunakan. Aplikasi ini cocok untuk siapa pun, baik pemula maupun profesional. Aplikasi ini tersedia untuk pengguna iOS dan Android. Anda dapat mengunduhnya di Google Play Store dan App Store

Alice

AliceApp Store Alice

Alice adalah aplikasi sulih suara gratis yang biasanya banyak digunakan oleh jurnalis. Fokus utamanya adalah transkripsi. Ini memberikan kemudahan pengguna untuk merekam percakapan apa pun.

Keunggulannya adalah kemampuannya bekerja dengan berbagai aplikasi pihak ketiga seperti Google Drive dan Dropbox. Aplikasi ini dirancang untuk perangkat iOS, ipadOS, dan macOS, dan menggunakan kecerdasan buatan. Alice bisa diunduh di App Store. 

Voice Recorder Pro

Voice Recorder ProGoogle Play Store Voice Recorder Pro

Aplikasi ini memiliki kemampuan untuk meningkatkan kecepatan pemutaran serta menambahkan berbagai efek dan filter suara, seperti gema dan equalizer, ke dalam rekaman.

Anda dapat menggunakannya di perangkat iOS, ipadOS, dan macOS. Salah satu fitur utamanya adalah, Anda dapat menambahkan informasi tambahan seperti jenis perangkat, alamat, tanggal, waktu, dan lokasi ke dalam rekaman Anda.

Baca juga: Cara Kirim Voice Message di iPhone, Mudah Tak Perlu Mengetik

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno.

Caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com