Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Epson Stylus CX9300F, Laser Multifungsi dengan Fax

Kompas.com - 16/04/2008, 09:26 WIB

Tampil dengan warna hitam legam, Epson CX9300F langsung menandaskan keseriusan Epson dalam menghadirkan perangkat multifungsi yang komplit. Tengok saja fasilitasnya. Selain sebagai printer, scanner, dan copier, perangkat ini bisa digunakan untuk fax. Ada juga slot memori yang memungkinkan kita mencetak foto langsung tanpa komputer.

CX9300F memiliki panel kontrol yang lega dan layar LCD 2,5” yang bisa digerakkan keluar. Terdapat 31 tombol yang mayoritas didedikasikan untuk membantu proses fax, seperti untuk menekan nomor fax atau melakukan redial.

Namun jika Anda malas melihat buku catatan, CX9300F bisa menyimpan sampai 60 nomor fax. Jika kertas habis, multifungsi ini sanggup menyimpan sampai 180 lembar fax yang masuk ke dalam memorinya.

Untuk sarana input kertas, tersedia dua sumber: berbentuk tray untuk 120 lembar dan ADF (Automatif Document Feeder) untuk menampung 30 lembar. Keberadaan ADF ini sangat membantu karena membuat proses fax/scanning bisa berlangsung secara otomatis.

Epson CX9300F tidak cuma kuat di sisi fax. Untuk mendukung kemampuan mencetak foto, multifungsi ini dilengkapi slot kartu memori yang memudahkan proses cetak langsung dari kartu memori. Dukungan jenis memorinya beragam, mulai dari CompactFlash, Memory Stick, SD), xD Picture Card, dan MMC. Ia juga bisa mencetak dari kamera menggunakan standar PictBridge.

Seperti biasa, Epson mengandalkan teknologi Durabrite pada tintanya yang menggunakan konfigurasi 4 warna (CMYK). Sekadar mengingatkan, teknologi Durabrite menggunakan sejenis pigmen yang menyelimuti setiap tetesan tintanya. Lapisan pigmen ini berfungsi melindungi tinta saat tercetak di kertas, sehingga bisa bertahan dari tekanan kondisi luar seperti paparan cahaya atau kelembaban udara.

Dari hasil pengujian, teknologi Durabrite sanggup menghasilkan kualitas teks dan grafik yang bagus saat mencetak di atas kertas biasa. Sayangnya untuk mencetak foto, warnanya sedikit pucat. Namun mengingat CX9300F lebih ditujukan untuk segmen SOHO, kekurangan ini seharusnya bukan masalah besar. Kecepatan cetaknya sendiri cukup bagus, namun (lagi-lagi) kurang gegas saat mencetak di atas kertas foto.

***

Namanya saja multifungsi, jadi wajar saja Epson menanamkan begitu banyak fasilitas pada Stylus CX9300F ini. Namun dengan deretan fungsi yang dimiliki, perangkat ini di atas rata-rata multifungsi lainnya. Yang menyenangkan, harga yang dibandrol Epson untuk produk ini cuma Rp. 2 juta -- sangat sepadan dengan deretan kelengkapan fasilitas yang tersedia. Jadi jika kantor Anda butuh perangkat serba bisa, Epson Stylus CX9300F layak jadi pilihan. (sumber: InfoKomputer) 

PLUS: Fasilitas fax dan card reader; operasional mudah; panel kontrol lega;

MINUS: Kecepatan cetak (utamanya foto) untuk foto agak rendah.

SKOR PENILAIAN
(maksimal 5)

-Kinerja            : 4,25  

-Fasilitas            : 4,25

-Penggunaan            : 4

-Harga             : 4

SKOR TOTAL            : 4,15

 

Hasil Pengujian

Dari hasil pengujian terlihat Epson Stylus CX9300F memiliki kecepatan cetak yang biasa saja, bahkan sedikit lambat untuk mencetak foto ukuran 4x6 inci (postcard) di atas kertas foto.

Cetakan
Waktu
5 hal cetak teks mono
1 menit 24 detik
5 hal cetak warna
1 menit 25 detik
FPOT cetak teks mono
28 detik
5 hal copy teks mono
1 menit 26 detik
5 hal copy warna
1 menit 43 detik
Foto 4x6 inch
2 menit 47 detik
 
SPESIFIKASI Epson Stylus CX9300F
Teknologi cetak
Inkjet
Resolusi (black/colour)
5760x1440 dpi
Memori
64KB
Kapasitas kertas (total)
Multipurpose : 150 lembar
Jenis kertas

Kertas A4, label, amplop, dan transparansi.

Sebagai SCANNER
Teknologi
Colour Flatbed CIS
Resolusi (optis/interpolasi)
1200x2400 dpi
Kedalaman warna
Input 48-bit / output 24-bit
Sebagai FAX
Kecepatan modem
33,6Kbps
Resolusi
200x100/200 pixel
Fasilitas Fax
Manual, mode jawab, fax/otomatis.
Sebagai COPIER
Pengecilan/perbesaran 
-
Resolusi
-
Fasilitas copy

2-Up, 4-Up, Collation, Autofit, Clone      Poster, Multi-Copy, ID Cardcopy.

SPESIFIKASI UMUM
Koneksi
USB 2.0
Sistem operasi
Windows 98/Me/2000/XP/Mac
Bobot
7,6kg
Dimensi (plt)
45x34x17,9 cm
Konsumsi listrik
13 watt
Situs Web
www.epson.com
Harga kisaran*
Rp 2.000.000
* Epson Indonesia, (021) 572-3161
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com