Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung SGH-i450, Tidak Sekadar Untuk Menikmati Musik

Kompas.com - 22/04/2008, 15:07 WIB

JIKA dilihat sekilas, Samsung SGH-i450 memang dimaksudkan sebagai ponsel musik yang menyediakan musik player sebagai fitur utama. Namun, lebih dari sekadar ponsel untuk penikmat musik, seri terbaru Samsung yang baru masuk ke pasaran Indonesia ini tidak mengorbankan fitur-fitur multimedia lainnya.

Dengan dimensi 10,1 x 5,2 x 1,78 centimeter, SGH-i450 cukup nyaman digenggam satu tangan meskipun untuk navigasi lebih bebas dengan dua tangan saat posisi lansekap. Layar TFT 262.000 warna dengan teknologi QVGA 2,4 inci dan resolusi 240 x 320 pixel cukup lebar dan tajam untuk melihat navigasi menu dan hasil tampilan.

Ketajaman layar dan ukuran huruf dapat diatur sesuai keinginan. Tombol navigasi utama di bagian bawah layar cukup besar untuk memudahkan navigasi seperti tombol OK, tombol menu, clear, dan tombol sambung dan matikan. Pada bagian atas terdapat tombol untuk menyalakn dan mematikan speaker dan slot untuk headset 3,5 milimeter. Port untuk memori eksternal microSD dan pengatur suara terletak di sisi kiri. Camera shutter dan port charger di sisi kanan. Kamera utama di bagian belakang dan kamera sekunder di depan bagian kanan atas.

Ponsel ini menyediakan mekanisme dual slider, geser ke atas untuk menampilkan tombol keypad dan geser ke bawah untuk menampilkan navigasi musik dan speaker eksternal. Begitu digeser ke bawah, layarnya langsung menampilkan navigasi berbentuk setengah lingkaran dalam posisi lansekap. Speaker eksternal yang tersembunyi di sisi bagian bawah seketika juga tersingkap.

Navigasi musik yang diberi nama touch wheel navigation ini, seperti roda yang hanya tampak setengah bagiannya saja di layar, memudahkan pengguna mengatur musik yang akan dimainkan. Apakah akan memilih musik berdasarkan album, penyanyi, playlist, atau semua lagu yang terurut, semua dapat dilakukan. Pilihan equalizer sesuai jenis musik juga tersedia.

Suara yang keluar dari speaker eksternal jernih sehingga tidak memalukan untuk dimainkan keras-keras di depan umum. Untuk menikmati alunan musik lebih memuaskan gunakan earphone namun hanya pengguna yang dapat menikmatinya. Dengan speaker eksternal, musik bisa dinikmati bersama-sama.  
Multimedia

Tidak hanya musik, Samsung SGH-i450 juga menyediakan akses layanan multimedia. Dengan menggeser balik ke atas, menu di layar langsung berubah dari navigasi musik ke menu utama tanpa mematikan musik yang sedang dimainkan. Pada posisi ini giliran tombol-tombol angka yang tersingkap di bagian bawah.

Keypad yang datar agak sedikit menyulitkan pengguna yang biasa menggunakan tombol menonjol. Namun, ukuran setiap tombol yang besar dan dibatasi dengan pinggiran menonjol cukup untuk menghindari kesalahan. Lampu backlighting di bawah tombol sangat membantu risiko ini saat menggunakanya di kegelapan.

Di layar menu utama, pengguna langsung disuguhkan menu-menu penting yang khas Symbian. Ponsel Samsung yang satu ini memang menggunakan sistem operasi Symbian terbaru S60 versi 3 yang dikenal dengan kemudahan navigasinya. Pada bagian bawah terdapat ikon Google yang akan menyediakan langsung menu pencarian di layar begitu Anda menekan bagain atas tombol navigasi utama.  

Akses Internet sangat menyenangkan dengan ponsel ini apalagi dengan dukungan teknologi HSDPA yang menyediakan akses kecepatan tinggi di jaringan 3G. Halaman web muncul hanya dalam hitungan detik dan tampil sempurna layaknya di layar komputer. Gambar-gambar animasi dengan flash jalan dengan baik. Navigasi web tersedia dalam posisi portrait maupun lansekap. Tampilan web dapat diatur dalam posisi preview sehingga dapat ditampilkan utuh di layar dan dapat dipilih bagian mana yang akan ditampilkan di layar dengan ukuran normal.  

Fitur multimedia lainnya adalah kamera. Pada bagian belakang terdapat kamera 2 megapixel dengan pilihan resolusi dari 320 x 240 hingga 1600 x 1200. Kamera dilengkapi fitur flash, digital zoom, self-timer, white balance, brightness control, dan color tones. Di bagian depan juga terdapat kamera lagi yang berfungsi utama saat melakukan video call di jaringan 3G. Namun, kamera ini dapat juga digunakan untuk memotret diri sendiri dengan resolusi lebih kecil yakni 176 x 144 dan 352 x 288.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com