Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kodak EasyShare G600, Ekonomis tanpa LCD

Kompas.com - 25/04/2008, 09:53 WIB

Bila Anda memiliki kamera digital, pasti akan lebih lengkap jika tersedia printer foto untuk mencetak foto-foto Anda agar bisa dikenang setiap saat. Namun harga printer portabel yang cukup mahal mungkin membuat Anda berpikir dua kali.

Nah tawaran printer foto yang cukup ekonomis hadir dalam wujud Kodak EasyShare G600. Kendati khusus untuk kamera Kodak, printer foto ini dapat juga digunakan untuk merek lain.

EasyShare G600 menggunakan teknologi dye-sub untuk mencetak foto dengan cara memberi 3 lapisan warna CMY + sebuah pelapis (coating) pada kertas foto yang tersedia. Bagian atas printer menyediakan docking khusus untuk kamera digital Kodak seri tertentu yang dibantu dengan adapter.

Kamera merek lain (dan juga foto di USB flash disk) harus memanfaatkan koneksi USB PictBridge yang telah tersedia di printer ini. Sayangnya, G600 tidak dilengkapi dengan card reader, koneksi Bluetooth maupun infrared sehingga tidak banyak gadget yang bisa terhubung ke printer ini. Versi G600 juga tidak menyediakan layar LCD sebagai preview foto. Kita harus memanfaatkan layar pada kamera digital untuk hal ini.

Sebagai navigasi pencetakan, G600 menyediakan 4 tombol dan 3 lampu LED yang berfungsi sebagai indikator di kala berkerja. Masing-masing tombol mudah dipahami berkat tulisan di setiap tombolnya. Sayangnya, peranti ini tidak menghadirkan tombol Cancel padahal tombol tersebut mungkin diperlukan saat kita mendadak membatalkan pencetakan karena akan membuang ribbon dan kertas.

Sebagai media cetak, G600 menyediakan ribbon dan kertas terpisah. Ini berbeda dengan Canon Selphy yang menyatukan ribbon dan kertas dalam satu kompartemen. Kertas foto 4R untuk G600 diletakkan dalam baki tersendiri yang harus ditancapkan ke printer.

Kecepatan cetaknya sendiri cukup baik, sekitar 1 menit 10 detik untuk selembar 4R. Kualitasnya bagus, dan dilapisi bahan untuk mempertahankan foto dari kotoran dan oksidasi udara.

***

Untuk mendukung penggunaan G600, tersedia aplikasi EasyShare yang sangat membantu untuk mengedit foto – memperbaiki hasil foto dan menambahkan efek tertentu - melalui komputer. Selain terhubung ke komputer, printer ini bisa berkerja mandiri melalui batere, yang harus dibeli secara terpisah. Printer ini akan sangat berguna bagi Anda yang suka mencetak setiap saat dimana saja, utamanya bagi pengguna kamera Kodak.

(sumber: InfoKomputer)

PLUS: Kualitas cetak baik; tahan air; dukung PictBridge dan USB flash disk; nudah dipakai; ekonomis; bisa pakai batere; aplikasi menarik; ringan.

MINUS: Tanpa card reader, Bluetooth dan infrared; batere opsional; baki kertas dan ribbon terpisah; tanpa LCD.

SKOR PENILAIAN
(maksimal 5)

-Instalasi            : 4

-Kinerja            : 4

-Fasilitas            : 4,25

-Harga             : 4
SKOR TOTAL            : 4,08

SPESIFIKASI Kodak Easyshare G600

Tipe koneksi
Direct print dan USB
Metode cetak
Dye-sub
Slot memori
Tidak ada
Resolusi maksimum
300x600 dpi
Interface
USB,Docking kamera, PictBridge
Sistem operasi
Windows 2000/XP/Vista/Mac OS
Ukuran kertas maks
4x6 inci (4R)
Dimensi (plt)
21,3x13,9x18,9 cm
Berat
1,9kg
Konsumsi listrik(aktif)
70 watt
Garansi
1 tahun
Situs Web
www.kodak.com
Harga printer* 
Rp 775.000
Harga ribbon dan kertas foto

Rp 150.000 (50 lembar) / 245.000 (100 lembar)

* Macindo, (021) 549-4049.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com