Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hemat Energi, Wapres Minta Pengusaha Berkorban

Kompas.com - 13/07/2008, 20:15 WIB

INDRAMAYU.MINGGU - Wakil Presiden Jusuf Kalla meminta para pengusaha untuk berkorban dalam pelaksanaan SKB Lima Menteri tentang Hemat Energi, dengan tidak meminta insentif atau kompensasi.

"Insentif apalagi yang harus diberikan, sekarang saja mereka sudah mendapat keringanan hingga 50 persen," katanya seperti dikutip Antara, usai melakukan kunjungan ke PLTU-2 Labuan, Kabupten Banten, dan PLTU-1 Indramayu, di Kabupaten Indramayu Jawa Barat, Minggu (13/7).

Ia mencontohkan, selama ini pengusaha sudah mendapatkan keringanan dalam biaya pokok penyediaan (BPP) tenaga listrik, yang mana rata-rata BPP PLN sebesar Rp 1.300 per kWh, sedang harga jual termasuk ke industri Rp 630 per kWh. "Ya, sekarang berkorban lah. Berkorban untuk bangsa dan negara ini," ujarnya.

Tentang perubahan budaya kerja, terkait pengalihan hari kerja industri ke Sabtu dan Minggu, Wapres menegaskan, tidak berpengaruh.  "Itu kan untuk kepentingan mereka juga. Bagaimana bisa dibilang bisa merubah budaya. Pengusaha harus berkorban untuk bangsa dan negara ini," katanya menegaskan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com