Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kartu SD Berisi Sistem Operasi

Kompas.com - 15/07/2008, 15:56 WIB


JAKARTA, SELASA – Ingin meng-install Ubuntu pada Asus Eee PC Anda, tetapi enggan berurusan dengan download dan instalasi sistem operasi yang biasanya ribet itu?

Tidak usah kuatir. Sebuah kartu SD berkapasitas 4GB yang sudah diisikan sistem operasi ditawarkan oleh mereka yang bergelut di Ubuntu Eee project.

Ini bukanlah kartu memori untuk meng-install sistem operasi. Justru kartu ini sudah dipasangi sistem operasi tersebut (preload).

Jadi yang perlu Anda lakukan hanyalah menyorongkan kartu SD ini ke slot kartu di Eee PC Anda, lalu memilih SD card dari menu boot. Sim salabim, Anda sudah menjalankan sebuah versi Ubuntu yang khusus didesain untuk Asus Eee PC. Enak bukan?

Jika tertarik memilikinya, Anda harus memesan terlebih dulu (lihat http://www.ubuntu-eee.com/jonramvi/), sebab jumlah kartu SD ini sangat terbatas. Anda juga harus menyumbangkan minimal US$ 50 untuk open source project sebelum bisa memiliki kartu SD Class 6 berlogo Ubuntu Eee dengan kapasitas 4GB itu.

Mahal? Relatif, sebab menurut Jon Ramvi yang mengembangkannya, ia sebenarnya tidak berjualan kartu SD. Tujuannya adalah membuat proses instalasi Ubuntu di Eee PC semudah dan sesederhana mungkin.

Satu hal yang harus diingat jika Anda membeli kartu SD Ubuntu Eee ini. Ubuntu Eee ini secara khusus dirancang untuk Asus Eee PC, jadi mungkin tidak akan berfungsi dengan baik pada perangkat selain Asus Eee PC.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com