Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Printer Foto Berbentuk Ember

Kompas.com - 13/08/2008, 11:21 WIB

JAKARTA, RABU – Printer foto portabel Canon ini nyentrik. Bentuknya serupa ember berpenutup dengan badan berwarna kuning atau putih, lengkap dengan gagangnya. “Bentuknya seperti ember karena dirancang untuk menyimpan berbagai asesoris,” tutur Merry Harun (Canon Division Manager, PT Datascrip).

Di dalam ‘ember’, kita akan mendapatkan asesori CP770, yakni kemasan kertas yang menyatu dengan cartridge, baki tempat kertas, dan kabel USB. Batere maupun dongle Bluetooth (keduanya opsional) pun bisa disimpan di sana.. “Pada model lain, kita harus punya tas khusus (untuk membawa cartridge, batere). Ini memudahkan membawa-bawanya,” jelas Sintra Wong (Assistant Marketing Manager, PT Datascrip).

Printernya sendiri seakan-akan merangkap menjadi tutup ember dengan warna kuning di bagian atas. Mengikuti bentuk ember, fisik printer dye sublimation portabel dengan resolusi 300x300 dpi ini agak membulat. Sepintas mirip kotak kemasan es krim. Saat printer akan dioperasikan, kita harus mengeluarkan/mengangkat Selphy CP770 dari embernya.

Selain keunikan fisik, ada fitur lain yang diusung CP770. “Unggul dalam kemampuan deteksi wajah manusia, jadi bisa mengoptimalkan pencetakan foto warna pada wajah tersebut,” tutur Sintra. Ini berkat teknologi Portrait Image Optimizer, yang otomatis mengoreksi pencahayaan dan kontras, termasuk pada kondisi backlighting, pada wajah dalam foto yang sedang dicetak. Fitur koreksi efek mata merah pun tersedia.

Sebuah layar LCD 2,5” menjadi media penayang foto yang akan dicetak. Foto bisa berasal dari kartu memori, kamera digital, ponsel, PDA, maupun notebook. Tersedia 3 slot kartu memori yang mendukung 21 tipe kartu memori. Sedangkan untuk mencetak secara nirkabel, bisa dipilih antara inframerah (irDA) dan Bluetooth (yang ini perlu dongle opsional). Cetak langsung dari kamera digital didukung via teknologi PictBridge.

Seperti seri pendahulunya, hasil cetak CP770 sudah mengandung lapisan pelindung yang membuatnya tidak mudah rusak/kotor oleh sidik jari, cahaya, air, atau kotoran. Menurut Sintra, warna pada foto tidak akan pudar sampai 100 tahun jika foto disimpan dalam album foto. Namun jika terpapar cahaya matahari, ketahanannya menjadi sekitar 10 – 20 tahun.

Printer berdimensi 24,8x15,6x7,73 cm dengan bobot total (berikut ember) 1,44kg ini dijual dengan harga US$ 150.

Selain tipe ember, Canon merilis tipe lain yang konvensional, yakni Selphy CP760 yang dihargai US$ 99. Spesifikasinya mirip, tetapi tanpa dukungan inframerah dan batere. Kedua printer ini mampu mencetak di kertas berukuran Postcard (10x14,8 cm), L (8,9x11,9 cm), Card (5,4x8,6 cm) , 8-label sheet (2,2x17,3cm) maupun Wide (10x20 cm).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com