Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Zyrex Anoa 942, Netbook untuk Si Kecil

Kompas.com - 26/08/2008, 14:14 WIB

Sejak tahun lalu, Intel melakukan inisiatif dengan membuat notebook berukuran kecil yang disebut Classmate PC. Produk ditujukan untuk membantu anak sekolah dalam proses belajar mengajar di sekolah maupun rumah, yang sudah tercermin dari selimut busa yang menjaga Classmate PC agar tidak rusak jikalau terjatuh.

Classmate PC disebarkan di seluruh dunia, tetapi dikhususkan pada negara berkembang termasuk di Indonesia. Karena masuk melalui Zyrex Indonesia, namanya berganti menjadi Zyrex Anoa.

Produk yang InfoKomputer uji kali ini, Anoa 942, adalah Classmate generasi kedua (generasi pertama kami uji Maret lalu). Jika dibandingkan, Anoa generasi kedua ini menawarkan peningkatan pada ukuran layarnya yang sekarang 9" (vs 7"). Sayangnya, resolusinya tetap 800x480 pixel, membuat kami harus scroll kiri-kanan saat browsing beberapa situs internet yang dioptimasi di lebar 1024 pixel.

Peningkatan lain adalah pada kapasitas harddisknya yang kini berkapasitas 30GB sehingga memudahkan kita dalam menyimpan dokumen. Namun karena harddisk yang digunakan berbasis kepingan (bukan SSD seperti generasi pertama), Anoa 942 tidak bisa dibanting-banting seperti dulu.

Di luar itu, tidak banyak perubahan lain yang dilakukan Intel. Prosesornya masih menggunakan Celeron 900MHz, yang kini dibantu memori 512MB. Meskipun menggunakan prosesor lawas, hasil pengujian menunjukkan performanya yang lebih baik dibanding HP Mininote 2133, kendati kalah bersaing dengan netbook berbasis Atom.

Namun yang paling istimewa dari Anoa 942 adalah daya tahan baterenya. Menggunakan batere berkapasitas besar (6600mAh), piranti seharga Rp. 4 juta ini mampu memutar film HD selama 3,5 jam. Hasil ini hanya bisa dikalahkan oleh Asus Eee PC 901.

Fasilitas yang tersedia di Anoa 942 mirip seperti Anoa generasi pertama, kecuali pada keberadaan kamera beresolusi 0,3MP. Koneksi nirkabel yang disediakan Wi-Fi b/g dan Bluetooth, sementara koneksi kabelnya tersedia Ethernet kelas 10/100 Mbps. Jika ingin menambah kapasitas maupun fasilitas, tersedia dua port USB, dan slot kartu memori berbasis SD.

Mungkin karena ditujukan untuk anak kecil, ukuran kunci QWERTY di keyboard hanya sekitar 16x12 mm, terlalu mungil bagi Anda atau anak Anda yang berjari besar. Untungnya jarak antarkunci memiliki beda ketinggian, sehingga cukup meminimalisir kejadian salah pencet. Hal lain yang kami catat adalah perubahan di desain touchpad. Jika sebelumnya berbentuk bundar, di generasi kedua ini dibuat berbentuk kotak layaknya notebook biasa.

***

Ingin mengenalkan komputer ke putra-putri Anda sejak dini? Zyrex Anoa 942 ini bisa menjadi pilihan. Harganya murah (Rp. 4 juta), lumayan tangguh menahan benturan ringan atau tumpahan air di keyboard, dan dibekali software Parental Control. Aplikasi ini dapat membatasi waktu penggunaan dan aplikasi atau situs internet apa yang bisa dibuka si kecil. Karena ditujukan untuk anak-anak, tersedia selimut busa yang sekaligus berfungsi sebagai pegangan untuk mudah dibawa ke mana-mana.

Sumber: InfoKomputer

PLUS: Harga murah; harddisk 30GB; tahan benturan; dilengkapi Parental Control.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com