Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Batere 24 Jam untuk Notebook Baru HP?

Kompas.com - 10/09/2008, 09:47 WIB

PALO ALTO, RABU – Sebuah tonggak sejarah disebut-sebut telah diukir Hewlett-Packard (HP) melalui sebuah notebook baru – EliteBook 6930p. Berbekal batere yang penuh, notebook berlayar 14,1” yang memenuhi standar militer itu dikabarkan bisa beroperasi 24 jam.

Bagi kebanyakan pemilik notebook yang daya tahan baterenya di kisaran 4 jam, tentu hal ini sangat menarik. Namun ternyata banyak “syarat’ yang harus dipenuhi untuk mencapai angka 24 jam. Dan faktanya, klaim 24 jam itu pun tak tercapai.

Menurut HP, EliteBook 6930p-nya, yang menuntaskan sasaran operasi kontinyu bekerja 24 jam dalam satu siklus pengisian batere, membuat penggunanya tidak perlu kuatir kehabisan daya batere sebelum jam kerjanya berakhir. Menurut HP, batere pada notebook tersebut tetap aktif dalam penerbangan pesawat antara New York dan Singapura yang 18 jam 40 menit, atau selama perjalanan darat dengan mobil dari Maine ke Florida.

Klaim daya tahan luarbiasa batere seperti ini sering kita dengar, termasuk klaim batere pada notebook Dell yang disebutkan tahan 19 jam. Namun lihatlah apa yang disyaratkan oleh HP agar batere bisa bertahan lama.

Pertama, 6930p itu harus menggunakan SSD Intel 80GB dan displai LED baru (baru tersedia bulan depan). Selain itu, notebook perlu Ultra Capacity Battery 12-cell seharga US$ 190, Windows XP, driver grafis terbaru Intel dan BIOS HP.

Pun jika semua persyaratan ini dipenuhi, HP tidak berani memastikan batere akan tahan sampai 24 jam, karena akan tergantung pada tipe aplikasi dan hardware lain yang, kata HP, dapat mengurangi daya tahan batere. Untuk batere 12-cell, begitu sebutnya, daya tahannya adalah 16 jam. Jadi klaim batere yang bertahan 24 jam pada notebook masih merupakan impian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com