Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PSIS akan Maksimalkan Lima Pemain Asing

Kompas.com - 22/11/2008, 20:52 WIB

SEMARANG, SABTU - PSIS Semarang akan memaksimalkan lima pemain asing sesuai dengan kuota Badan Liga Indonesia (BLI) untuk terjun pada putaran kedua Kompetisi Indonesia Super League (ISL) yang dijadwalkan mulai bergulir bulan Januari 2009.

Manajer Teknik PSIS, Setyo Agung Nugroho di Semarang, Sabtu (22/11) mengatakan, terlepas apakah lima pemain asing itu baru semuanya atau hanya sebagian, manajemen tetap akan memanfaatkan batas maksimal pemain asing dari BLI.

"Habis bagaimana lagi, mengingat untuk mencari pemain lokal yang berkualitas tentunya sulit karena mereka sudah diambil klub-klub lain. Satu-satunya jalan adalah dengan merekrut pemain asing," katanya menegaskan.

Tetapi, kata Setyo Agung Nugroho yang sukses mengantarkan PSIS Junior juara Liga Remaja Piala Suratin tahun 2004, pemain asing yang direkrut harus di atas kualitas pemain PSIS yang dimiliki PSIS sekarang ini.

"Percuma saja kalau kita mengambil pemain asing tetapi kualitasnya sama atau bahkan di bawah pemain lokal, apalagi kita memasang target untuk tidak terkena degradasi pada musim kompetisi tahun ini," katanya menegaskan.

Ketika ditanya pemain asing yang akan direkrut PSIS, dia mengatakan, tentunya yang mampu mempertajam serangan tim dan mampu mengangkat penampilan tim.

Ia mencontohkan, misalnya, hanya ada satu pemain asing yang bagus di posisi striker, tentunya PSIS harus memperkuat dengan dua pemain asing untuk posisi second striker.

Kemudian, kata dia, kalau hanya ada satu pemain asing yang baik di posisi stopper, misalnya, tentunya harus memperkuat posisi di gelandang, yaitu dua pemain asing di tempatkan pada posisi gelandang.

"Semuanya tergantung kepada pelatih Bambang Nurdiansyah, tetapi yang jelas, manajemen ingin memaksimalkan lima pemain asing," katanya.

Sampai kini tim berjuluk Mahesa Jenar baru memiliki dua pemain asing, yaitu Onambele Jules Basile (gelandang) dan Gaston Castano (striker), tetapi pelatih tetap akan melakukan seleksi terhadap mereka, apakah masih bisa dipertahankan atau diganti dengan pemain yang lain.

Pada putaran pertama PSIS memakai lima pemain asing, selain keduanya masih ada Daniel Alex Cabriera, Salomon Bengundo, dan Edson Leonardo. Tetapi saat PSIS menjalani tiga pertandingan di putaran tersebut, Alex dicoret oleh pelatih Edy Paryono (saat itu).

Kemudian Salomon dan Edson tetap bertahan dan baru dicoret saat putaran pertama berakhir.

Sementara itu tujuh pemain asing akan mengikuti seleksi pada tahap kedua mulai Hari Senin (24/11) hingga Sabtu (29/11). Mereka adalah Josephus K. Jalah (Liberia) striker), Etokebe UDim David (Nigeria) striker, Kouyate (Mali) stopper, Abdel Aziz Dnibi (Marokp) play maker), Roberto Acosta (Paraguay) striker, Hugo Cortez (Portugal) striker, serta Felix Ndokwe (Nigeria). (ANT)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com