Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BMW Tawarkan Series-7 dan X6 Hybrid

Kompas.com - 19/01/2009, 16:29 WIB

DETROIT, SENIN — BMW akan memperkenalkan versi hybrid melalui Seri 7 dan X6 yang akan mulai dipasarkan akhir 2009. Hal ini disampaikan Sales and Marketing Director BMW Ian Robertson kepada para wartawan di arena pameran Detroit Auto Show (DAS) di Amerika, Sabtu (17/1).

Robertson yang mantan CEO Rolls-Royce memaparkan bahwa sistem hybrid pada dua BMW itu berbeda. Dua BMW itu adalah sedan mewah dan kendaraan sport (sport activity vehicle), dan keduanya dipajang di arena DAS.

Pada sedan Luxury Series-7, sistem hybrid-nya agak ringan. Jadi, layaknya yang banyak diterapkan sekarang bisa menggunakan dua mesin, bensin dan elektrik. Kapasitas mesin 4.400 cc V8 Twin-turbo. Ketika beroperasi memakai sistem penggerak elektrik, tenaga maksimal dari mesin 20 hp dengan torsi 155 ft-lb; sementara dengan mesin bensin, tenaganya 400 hp dengan torsi 450 ft-lb.

Dijelaskan, jika memakai kinerja penggerak elektrik, penghematan konsumsi bahan bakar sekitar 15 persen. Adapun energi untuk penggerak elektrik disuplai dari beterai lithium-ion.

Beda dengan X6 yang menggunakan full hybrid system. Bahkan, pabrikan mobil Jerman itu mengklaim kalau konsep yang dipakai pada SAV bisa menghemat sekitar 20 persen dibanding mesin V8. “Padahal, konsep hybrid X6 sama seperti yang dipasang pada Series 7 berkapasitas 4.400 cc V8.

Sebelum penasaran, pihak BMW menawarkan pengunjung untuk melihat dari dekat kedua mobil konsep di pameran terbuka ini. Kalau tidak bisa menyaksikan di pameran, kedua mobil ini bisa disambangi di dealer-dealer BMW.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com