Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asyik, FX Sudirman Sediakan Parkir Khusus Sepeda

Kompas.com - 09/10/2009, 20:36 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Para pengguna sepeda juga memiliki hak-hak yang sama dengan pengguna kendaraan bermotor di jalan raya. Hal tersebut diungkapkan oleh Transport Specialist Institute for Transportation and Development Policy (ITDP) Indonesia, Yoga Adiwinarto, dalam acara peresmian tempat parkir khusus sepeda di FX Lifestyle Center, Jakarta, Jumat (9/10).

"Hak-hak tersebut seperti memiliki tempat parkir khusus yang aman dan nyaman serta jika memungkinkan, jalur khusus bagi pesepeda. Hal itu tercantum dalam UU tentang Lalu Lintas Nomor 22 Tahun 2009," katanya.

Menurut Yoga, sepeda dapat dijadikan alat transportasi pengumpan bus transjakarta bagi masyarakat. "Maka dari itu, tempat parkir khusus sepeda haruslah dekat dengan halte busway di wilayah perkantoran dan pusat perbelanjaan seperti di FX ini," lanjut Yoga.

Sementara itu, menurut Communication Specialist ITDP yang juga hadir di acara yang sama, Ratna Yunita, sepeda yang difungsikan sebagai alat transportasi pengumpan bus transjakarta dapat membuat masyarakat beralih dari kendaraan pribadi ke angkutan umum untuk memenuhi kebutuhan mobilitasnya.

"Hal tersebut dapat mengurangi kemacetan dan polusi di Jakarta akibat banyaknya kendaraan bermotor pribadi," kata Ratna.

Hingga saat ini, terdapat sekitar 5,8 juta kendaraan di Jakarta dan terjadi pertambahan jumlah kendaraan bermotor baru sebanyak lebih kurang 1.117 kendaraan yang terdiri dari 220 mobil dan 897 motor. Padahal, luas jalan di Jakarta hanya sekitar 40,1 kilometer persegi (6,2 persen dari luas wilayah DKI Jakarta) dengan pertumbuhan panjang jalan 0,01 persen per tahun.

Penambahan jumlah kendaraan bermotor yang tidak sebanding dengan pertumbuhan luas jalan menyebabkan terjadinya kemacetan di Jakarta. Kemacetan tersebut menimbulkan pemborosan biaya operasional kendaraan sejumlah Rp 17,2 triliun per tahun dan pemborosan energi (BBM) sejumlah Rp 10 triliun per tahun.

Pada Jumat ini, ITDP bersama komunitas Bike to Work (B2W) Indonesia dan FX Lifestyle Center meresmikan parkir khusus sepeda yang terbuat dari stainless black pipe dengan diameter tiga inci yang dapat menampung 22 sepeda.

Untuk pertama kalinya, pemilihan desain dari parkir khusus sepeda ini melibatkan sebanyak 521 anggota komunitas B2W Indonesia melalui mekanisme polling.    

Acara peresmian ini juga dihadiri perwakilan pihak FX Lifestyle Center, Wakil Kepala Dinas Perhubungan Jakarta Riza Hasyim, dan Wakil Ketua Umum DPP Asosiasi Pengelolaan Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Stefanus Ridwan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com