Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Dia Sembilan Jawara Pengusaha Mikro

Kompas.com - 12/11/2009, 11:38 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Sembilan pengusaha usaha kecil dan menengah terpilih sebagai pemenang Citi Microentrepreneurship Award (CMA) 2009.

Para pemenang mendapatkan hadiah pertama senilai Rp 11 juta, hadiah kedua Rp 9 juta, dan hadiah ketiga Rp 7 juta. Demikian siaran pers Citi, yang diterima Kompas.com.

Tahun ini, 44 nominasi terpilih dari 558 pengusaha mikro yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia, mulai dari pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, sampai Papua. Dari jumlah tersebut disaring lagi hingga terseleksi 18 orang finalis yang diundang ke Jakarta untuk proses penjurian final pada 10 November 2009.

Para pengusaha mikro terbaik tersebut diseleksi oleh dewan juri CMA yang terdiri atas perwakilan media, Perhimpunan Bank Perkreditan Rakyat Indonesia (Perbarindo), Bank Indonesia, pengusaha, psikolog, dan UKM Center FEUI.

Para pengusaha mikro yang terpilih menjadi pemenang tersebut adalah Purwono, pengusaha studio shooting dari Jawa Tengah; Sumini, pengusaha rias manten campur sari dari DI Yogyakarta; dan Sri Widodo, pengusaha penyewaan dekorasi pengantin Jawa Tengah. Ketiganya pemenang kategori perdagangan dan jasa.

Kemudian untuk kategori makanan, minuman, dan bahan pangan adalah Nur Wasito, pengusaha keramba ikan kerapu di Sumatera Utara; Warsinah, pembuat tepung tapioka di Yogyakarta; serta Hanisah, pembuat dodol, minuman, manisan, mi, dan selai di Riau.

Adapun untuk kategori kerajinan dan produk lainnya adalah Maryuki, pengusaha kerajinan pajangan boneka Yogyakarta; Hastuti Sriningsih, pembuat peti mati dan perlengkapannya di Jawa Tengah; serta Nurlaily, perajin benang sutra di Sulawesi Selatan.

CMA 2009 menginjak tahun kelima dan merupakan kelanjutan Global Microentrepreneurship Award 2005 yang dilakukan UNDP dan UNCDF yang dilakukan secara international. Acara ini merupakan lanjutan dari penetapan International Year of Microcredit tahun 2004 yang ditetapkan PBB untuk membantu negara menyejahterakan masyarakat melalui kredit mikro.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com