Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korban Dumai Express Mengaku Hanya Didata Saja

Kompas.com - 25/11/2009, 22:45 WIB

DUMAI, KOMPAS.com - Sebagian korban selamat dalam kecelakaan kapal motor (KM) Dumai Express-10 akhirnya meninggalkan Pelabuhan Dumai setelah sebelumnya sempat bertahan dan menginap di tempat itu menunggu kejelasan tanggungjawab perusahaan.

"Para korban selamat sudah meninggalkan pelabuhan setelah kami memberikan penjelasan kepada mereka," kata Kepala Operasional Pelabuhan Dumai Express, Jailani, di Dumai, Riau, Rabu (25/11).

Sebelumnya aksi keributan yang dilakukan sebagian korban yang selamat dari musibah tenggelamnya KM Dumai Express sempat mewarnai pemulangan ke daerah asal mereka ketika tiba di Pelabuhan Dumai, Selasa malam.

Mereka menuntut tanggungjawab pihak perusahaan karena mereka harus berjuang melawan maut dan bertahan di tengah laut sekitar empat jam setelah kapal yang ditumpangi dihantam ombak setinggi enam meter dan kehilangan barang-barang berharga.

"Sudah bolak-balik kami didata, apa perusahaan tidak tahu bagaimana kami bertahan hidup di laut sampai barang-barang berharga kami hilang semua," kata salah seorang korban selamat Farida, (44) dari Sumatera Utara.

Karena tidak ada kejelasan dari pihak perusahaan pelayaran, maka para korban selamat yang terdiri dari warga setempat, kemudian dari Sumatra Barat dan dari Sumatra Utara memilih bertahan.

Menurut Jailani, korban selamat yang sempat bertahan tersebut diberangkatkan dengan menumpangi sejumlah bus yang menuju ke dua provinsi tetangga Riau dan Kota Dumai sekitarnya.

Namun sebagian kecil lainnya, memilih beristirahat dengan mengunjungi keluarga mereka yang berada di kota tersebut. "Ada juga korban selamat yang tinggal, tapi mereka mendatangi rumah keluarga yang berada di Dumai ini," katanya.

Korban selamat yang diberangkatkan menggunakan KM Trisula dari Karimun menuju Dumai sebanyak 111 orang, namun 17 orang di antaranya minta diturunkan di Bengkalis, Riau, Selasa malam.

Mereka merupakan bagian dari 255 orang korban selamat, 27 orang korban yang meninggal dan 22 orang korban yang dinyatakan masih hilang.

Pelabuhan Dumai telah menerima 19 jenazah KM Dumai Express-10 yang tenggelam di perairan Karimun, Minggu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com