Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intel dan Nokia Gabungkan Kekuatan Linux Maemo dan Moblin

Kompas.com - 16/02/2010, 14:01 WIB

BARCELONA, KOMPAS.com - Sama-sama punya perhatian khusus dalam pengembangan Linux untuk perangkat mobile, Intel dan Nokia sepakat menggabungkan dua proyeknya tersebut. Penggabungan proyek pengembangan Nokia Maemo dan Intel Moblin yang sama-sama berbasis Linux diumumkan dalam Mobile World Congress 2010 yang saat ini sedang berlangsung di Barcelona, Spanyol.

Kini dua kekuatan Linux dari dua perusahaan kaliber dunia itu diberi nama MeeGo. Platform tersebut punya potensi yang besar. Perlu diketahui bahwa Nokia masih menjadi pemain pasar ponsel terbesar dunia saat ini. Sementara Intel merupakan produsen prosesor terbesar dunia meski berkuasa di pasar komputer personal.

"Tujuan utama MeeGo adalah saling memperkuat kerja sama yang sudah dirintis sejak tahun lalu. Dalam waktu dekat, kami akan menggabungkan dua teknologi yang dikembangkan terpisah dalam satu atap," ujar Renee J. James, wakil presiden senior Intel seperti dikutip CNET, Senin (15/2/2010). Kerja sama Intel dan Nokia memang sudah dilakukan sejak Juni 2009, saat keduanya sepakat mengembangkan bersama arsitektur cip, software, dan perangkat komputasi bergerak berbasis Intel.  

MeeGo berpeluang menjadi dasar pengembangan smartphone masa depan untuk bersaing dengan kompetitor lainnya seperti Apple, Microsoft, termasuk Android yang juga berbasis Linux. Namun, Nokia sendiri mendua jika hanya memposisikannya di pasar smartphone karena saat ini raksasa ponsel asal Finlandia tersebut juga mengembangkan Symbian sebagai platform open source untuk smartphone buatannya.

Intel dan Nokia punya peluang memanfaatkannya pada kategori perangkat bergerak yang lintasplatform. Misalnya pada produk-produk netbook, notebook, smartbook, tablet, televisi digital, sistem komputer mobil, dan perangkat lainnya yang mungkin tak terpikir saat ini.

MeeGo bakal menggunakan perangkat pengambangan software Nokia Qt yang bisa digunakan untuk membuat aplikasi di berbagai jenis platform. Software versi pertama MeeGo akan tersedia pada kuartal kedua 2010.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com