Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korea Utara Juga "Goes Open Source"

Kompas.com - 09/03/2010, 08:11 WIB

PYONGYANG, KOMPAS.com — Korea Utara tidak hanya punya jaringan internet sendiri yang tidak tergantung regulasi AS, tapi juga mulai menggarap sistem operasi sendiri. Pemerintahan Kim Jong Il mensponsori pengembangan software yang diberi nama Red Star berbasis open source. Seperti Indonesia Goes Open Sorce (IGOS), Pemerintah Korut pun mencanangkan hal sejenis.

Red Star pada dasarnya bukan software yang benar-benar baru, tetapi distro Linux yang dirancang bernuansa Korea Utara. Kehadiran Red Star dilaporkan Mikhail, mahasiswa asal Rusia yang tengah kuliah di Universitas Kim Il-sung dalam blognya.

Sistem operasi tersebut telah dikembangkan para pakar IT Korut sejak tahun lalu. Kim Jong Il memberikan pengantar khusus dalam dokumen readme file pada paket instalasinya dengan menyebut pentingnya sistem operasi berbasis Linux untuk mendukung tradisi Korea.

CD installer Red Star dijual umum dengan harga 5 dollar AS. Pemerintah Korut membebaskan penjualan sistem operasi ini tanpa harus melalui pendaftaran, seperti barang-barang komputer lainnya. Ada dua versi, server dan klien, dan hanya menggunakan bahasa Korea.

Tampilannya cukup familier karena berbasis K Desktop Environment (KDE) versi terbaru. Temanya pun bergaya Korea Utara dengan logo-logo khas negara komunis tersebut. Seperti distro Linux pada umumnya, Red Star juga sudah dilengkapi aplikasi open source, seperti Open Office, browser berbasis Firefox yang dimodifikasi dengan nama sendiri, e-mail client, antivirus buatan sendiri, multimedia player, dan beragam game.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com