Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

TNI AU Siapkan Dua Pesawat Pemotretan Udara

Kompas.com - 07/04/2010, 16:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -  TNI Angkatan Udara menyiapkan dua pesawat angkut Fokker-28 dan pesawat intai CN-235 untuk melakukan pemotretan udara di Aceh, pasca gempa tujuh SR yang mengguncang wilayah itu pada Rabu pagi. "Kita siapkan dua pesawat untuk pemotretan udara," kata Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Imam Sufaat, ketika dikonfirmasi usai meninjau kesiapan akhir peringatan HUT ke-64 TNI AU di Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu (7/4/2010).

Pesawat angkut ringan Fokker-28 bermarkas di Skadron Udara 2 Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma, sedangkan pesawat intai CN-235 bermarkas di Skadron Udara 5 Pangkalan Udara Sultan Hasanuddin.

Selain dua pesawat untuk melakukan pemotretan udara, TNI AU juga menyiagakan enam unit pesawat angkut berat C-130 Hercules masing-masing tiga unit dari Skadron Udara 31 Pangkalan Udara Halim Perdanaksusuma, dan tiga unit dari Skadron Udara 32 Pangkalan Udara Abdurahman Saleh, Malang. "Untuk kali pertama, pesawat Fokker-28 yang diberangkatkan untuk pemotretan udara, memantau kondisi di wilayah itu pascagempa. Sedangkan Hercules disiapkan untuk mengangkut logistik dan personel," kata KSAU.

Pada kesempatan yang sama Komandan Skadron 2 Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma Letkol Pnb Donal Kasenda mengemukakan, pesawat Fokker-28 kini tengah menuju Aceh untuk melakukan pemotretan udara. "Pesawat dipiloti Kapten Pnb Trinanda dan Kopilot Kapten Pnb Media, dengan rute Jakarta - Pekanbaru - Medan dan Aceh. Pesawat kini tengah menuju Medan," katanya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com