Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menikmati Piala Dunia Lewat Ponsel

Kompas.com - 16/05/2010, 09:41 WIB

KOMPAS.com - Ratusan juta pasang mata akan tertuju ke Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan, Juni mendatang. Dengan perhatian publik yang begitu tinggi, otomatis ajang sepakbola paling bergengsi ini juga menjadi ajang bisnis, tak terkecuali bisnis seluler.

Kendati baru bergulir bulan depan, produsen maupun operator telekomunikasi sudah memanfaatkan momentum empat tahunan itu. Produsen lokal Nexian baru-baru ini meluncurkan handset teranyar bertajuk Piala Dunia, yang bernama Nexian NX-G912.

"Inilah ponsel pertama di Indonesia yang menampilkan informasi sepakbola yang selalu updated," ujar Presiden Direktur PT Metrotech Jaya Komunika, Martono Jaya Kusuma. Di dalam handset tersebut, Nexian menanam aplikasi sepakbola yang disebut Nexian Life Score.

Aplikasi tersebut tersaji dalam bentuk client atau ikon Bola di menu utama. Jadi, pengguna cukup memencet ikon Bola, langsung muncul berbagai informasi lengkap mengenai dunia sepakbola, termasuk Piala Dunia.

Nexian menjamin informasi seputar si kulit bundar akan selalu hangat. Sebab, Nexian telah memiliki lisensi resmi dari Score 24 sebagai penyedia content. Nexian menghadirkan produk Nexian Bola dengan menggandeng Telkomsel sebagai mitra bundling.

Beragam aplikasi

Nexian Life Score juga dapat diakses dengan cara mengirim SMS pendaftaran ke 9044. Telkomsel mematok biaya langganan Rp 3.000 per minggu atau Rp 10.000 per bulan. Handset Nexian NX-G912 dijual Rp 799.000 per unit, termasuk bonus memory card
1 GB dan kaos bola Nexian.

Nexian menawarkan beragam aplikasi. Salah satu yang unik adalah Pilih Siaran Langsung. Lewat menu ini, pengguna dapat menonton pertandingan secara langsung. Jika terjadi gol, ponsel akan mengeluarkan suara bersorak. Aplikasi lainnya adalah Pilih Liga: Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, Liga Champions, dan Piala Dunia 2010. Ada pula aplikasi Pencetak Gol Terbanyak.

PT XL Axiata Tbk tidak ingin Piala Dunia berlalu begitu saja. Operator telekomunikasi pengusung merek dagang XL ini segera meluncurkan handset bola melalui skema bundling. "Dalam waktu dekat kami akan meluncurkan produk ini," kata Budi Harjono, Head of Marketing Mobile Data Services XL.

Budi menuturkan, Piala Dunia 2010 merupakan momen untuk mengerek jumlah pelanggan sebanyak-banyaknya. Hal ini sangat mungkin terjadi lantaran sepakbola adalah olahraga paling populer sejagat. Piala Dunia dinilai mampu menyedot perhatian semua orang, termasuk penggila bola dari Indonesia.

Martono menimpali, dengan mendompleng ketenaran Piala Dunia 2010 ini, Nexian yakin bisa meraih target menjuyal sebanyak 1.500 unit ponsel setiap bulan.

PT Konten Indomedia Pratama, pemegang brand ponsel IMO di Indonesia, juga turut meramaikan persaingan bisnis handset berbau sepakbola. Di pengujung April 2010, IMO menggandeng Hutchison CP Telecommunications, operator Tri (3) dengan meluncurkan handset IMO B8900.

Aroma sepakbola kian melekat lantaran handset ini digandeng dengan paket perdana Tri edisi Manchester United (MU). Suresh Reddy, Chief Comercial Officer Tri bilang, pengguna dapat menjajal beragam konten yang berbau MU. Ambil contoh life score pertandingan MU. Atau bahkan yang simpel, seperti ringtone suara pemain MU seperti Wayne Rooney.(KONTAN/Dessy Rosalina Pasaribu)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com