Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Migrasi XL Ke IPv6 Selesai Akhir 2010

Kompas.com - 09/06/2010, 18:15 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Demi mengantisipasi pertumbuhan pelanggan internet Excelcomindo di masa mendatang, yang kini mencapai 13,5 juta orang, maka XL memastikan migrasi sistem dari IPv4 ke IPv6 selesai pada akhir tahun 2010.

Direktur Network XL, Dian Siswarini mengatakan, pihaknya akan menyelesaikan migrasi ke IPv6 sebelum akhir 2010. "Proses migrasinya dilakukan bertahap sejak 2007 ," sebutnya. 

"Dengan penerapan IPv6 oleh XL ini, selain akan bebas dari krisis IP di tahun-tahun mendatang, layanan internet XL juga akan tetap terkoneksi dengan jaringan internet global yang hampir semuanya akan berpindah ke IPv6," kata Dian.

Dengan mengaplikasikan IPv6 pada seluruh jaringan, XL juga akan lebih leluasa menerapkan teknologi telekomunikasi terbaru seperti HSPA maupun Long Term Evolution (LTE) di masa yang akan datang.

Selain itu, dengan implementasi IPv6 pada jaringan XL, pelanggan XL tidak akan terisolir di kemudian hari karena saat ini semua pelaku industri internet di seluruh dunia sedang menuju implementasi IPv6 juga. Jika tetap bertahan dengan IPv4, maka layanan internet XL kemungkinan akan terhambat untuk melakukan akses di jaringan internet.

Manfaat lain yang ada dalam IPv6 antara lain adalah mudah di konfigurasi, dan dapat mengenali dengan cepat perangkat-perang kat yang berdekatan sehingga proses integrasi ke jaringan internet menja di lebih efisien.

Selain itu, dengan Ipv6 juga memungkinkan munculnya aplikasi yang sama sekali baru yang penerapannya sulit atau tidak mungkin dilakukan di IPv4, seperti misalnya pengenalan item berbasis bar code serta RFID tags , akan menemukan di mensi baru karena besarnya jumlah IPv6 memungkinkan setiap item di kenali secara unik.

Ketika layanan internet semakin dibutuhkan masyarakat di Indonesia dan dunia, alamat Internet Protocol Address (IP) sangat penting. IP Address adalah bagian paling vital dari proses mengakses informasi, serta berkomunikasi karena awal mula ketika sebuah perangkat terhubung dengan perang kat lain melalui jaringan internet adalah karena di aktifkannya IP Addresss di perangkat tersebut.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com