Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membuat Kesimpulan Otomatis dengan Mudah buat Skripsi, Jurnal, dll

Kompas.com - 28/04/2024, 01:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna kiranya penting untuk mengetahui cara membuat kesimpulan otomatis. Pasalnya, cara tersebut bakal berguna ketika pengguna tengah menyusun karya tulis ilmiah atau penelitian, seperti skripsi, jurnal, dan lainnya.

Untuk diketahui, kesimpulan merupakan bagian yang wajib tersedia dalam berbagai karya ilmiah atau penelitian. Bagian kesimpulan umumnya memuat rangkuman persoalan penelitian, teori, dan hasilnya.

Baca juga: 10 Manfaat Artificial Intelligence dalam Dunia Pendidikan yang Perlu Diketahui

Dalam menyusun karya ilmiah, membuat kesimpulan merupakan pekerjaan yang tidak mudah. Ini dikarenakan pengguna harus bisa mengelaborasikan semua rangkuman tersebut menjadi satu bagian dalam kesimpulan.

Namun, jika merasa kesulitan dalam menyusun kesimpulan, pengguna tak perlu khawatir karena terdapat salah satu solusi yang bisa dilakukan. Pengguna bisa membuat kesimpulan otomatis dengan bantuan Artificial Intelligence (AI) seperti ChatGPT.

Sebagai informasi, ChatGPT merupakan chatbot AI yang memiliki kemampuan untuk memberikan tanggapan sesuai perintah pengguna. Dengan kemampuan itu, pengguna bisa meminta Chat GPT untuk membuatkan kesimpulan dari informasi penelitian yang diberikan.

Lantas, bagaimana cara membuat kesimpulan otomatis dengan ChatGPT? Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak penjelasan lengkap di bawah ini mengenai cara membuat kesimpulan otomatis dengan mudah via ChatGPT.

Cara membuat kesimpulan otomatis dengan ChatGPT

Cara membuat kesimpulan otomatis dengan ChatGPT itu pada dasarnya cukup mudah. Pengguna tinggal memasukkan teks perintah atau prompt ke ChatGPT dan chatbot tersebut bakal menyajikan kesimpulan yang diminta.

Baca juga: Artificial Intelligence: Pengertian, Jenis, Contoh, serta Kelebihan dan Kekurangannya

Adapun penjelasan yang lebih detail soal cara membuat kesimpulan otomatis dengan ChatGPT adalah sebagai berikut:

  • Kunjungi website ChatGPT ini https://chat.openai.com dan pastikan telah login akun. Login bisa menggunakan akun Google (akun Gmail).
  • Setelah berhasil masuk, pada kolom pengetikan pesan, silakan ketik teks perintah atau prompt pada ChatGPT untuk menuliskan teks kesimpulan dari karya ilmiah yang disusun.
  • Kirim prompt tersebut dan tunggu beberapa saat hingga Chat GPT menyajikan contoh teks kesimpulan.
  • ChatGPT bisa menyajikan beberapa versi teks kesimpulan yang dibuatnya.
  • Bila kurang puas dengan satu teks kesimpulan yang dihasilkan, pengguna bisa meminta ChatGPT buat menyajikan versi lainnya dengan klik opsi “Regenerate response”.

Cukup mudah bukan cara membuat kesimpulan otomatis dengan ChatGPT? Untuk diketahui, supaya dapat menyajikan tanggapan dengan tepat, pengguna perlu memasukkan prompt ChatGPT dengan detail.

Semakin detail perintahnya maka ChatGPT bisa menyajikan tanggapan yang lebih sesuai dengan keinginan pengguna. Adapun contoh prompt ChatGPT yang bisa dipakai untuk membuat kesimpulan ptomatis adalah sebagai berikut.

Contoh prompt ChatGPT untuk kesimpulan otomatis

Tolong buatkan bagian kesimpulan untuk penelitan saya yang berjudul "ABCDEF". Kesimpulan itu harus mencakup bagian permasalahan yang diangkat, teori yang digunakan, dan hasil penelitian. Adapun detail informasi pada bagian tersebut adalah sebagai berikut:
Permasalahan yang diangkat: “AB”
Teori yang digunakan: “CD”
Hasil penelitian: “EF”

Itulah contoh prompt ChatGPT yang dapat dipakai untuk membuat kesimpulan pada karya tulis. Contoh di atas tak wajib ditiru sama persis. Pengguna bisa menyusun sendiri prompt ChatGPT sesuai dengan kebutuhan, asalkan perintahnya detail.

Dengan ChatGPT, pengguna bisa membuat kesimpulan pada penelitiannya dengan lebih mudah. Kendati lebih mudah, ChatGPT sejatinya memiliki keterbatasan. Pengguna harus memahami keterbatasan itu agar dapat memakai ChatGPT secara tepat dan bijak.

Penting diketahui, ChatGPT sebaiknya dipakai sebagai alat bantu saja. Pengguna hendaknya tidak memakai langsung informasi yang dihasilkan ChatGPT. Sebab, ChatGPT masih punya potensi untuk menyajikan informasi yang tidak akurat.

Baca juga: 7 Tips Menggunakan Chat GPT buat Menyusun Skripsi, Bisa Bantu Cari Ide Judul

Oleh karena itu, pengguna harus senantiasa memeriksa dan memverifikasi kembali keakuratan informasi yang disajikan ChatGPT. Jika kesimpulan yang dibuat ChatGPT kurang tepat, pengguna bisa menyesuaikannya kembali.

Demikianlah penjelasan lengkap seputar cara membuat kesimpulan otomatis dengan mudah dan cepat menggunakan ChatGPT, selamat mencoba.

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno. Caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com