Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bos Microsoft Satya Nadella Ungkap Peluang Komunitas Developer Indonesia Masuk 5 Besar Dunia

Kompas.com - 30/04/2024, 15:41 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - CEO Microsoft Satya Nadella mengatakan bahwa Indonesia memiliki komunitas pengembang (developer) yang cukup besar di platform coding yang berada di bawah naungan Microsoft, Github

Github sendiri adalah platform pengembangan software berbasis cloud yang biasanya digunakan sebagai tempat kolaborasi para pengembang (developer) dalam suatu proyek perangkat lunak.

Bahkan, ia menyebut komunitas pengembang Tanah Air di Github akan menjadi terbesar ke-5 di dunia dalam dua tahun ke depan.

Hal ini disampaikan Nadella dalam ajang Microsoft Build: AI Day yang digelar di Plenary Hall, Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat, Selasa (30/4/2024). 

"Selama beberapa tahun belakangan, jumlah developer asal Indonesia di Github bertumbuh sekitar dua kali lipat. Saking banyaknya, di 2026 mendatang, kami memprediksi negara ini akan menjadi negara dengan jumlah developer Github terbanyak ke-5 di dunia," ujar Nadella di atas panggung acara.

Baca juga: Microsoft Build: AI Day Digelar di Jakarta, Dihadiri CEO Microsoft Satya Nadella

Nadella tak menyebut berapa jumlah pengembang asal Indonesia yang kini terdaftar di platform Github. Namun yang jelas, pada 2023 ini Indonesia menjadi negara Asia Tenggara nomor satu dengan komunitas developer Github terbesar.

Saat ini, Indonesia sendiri berada di posisi ke-8 untuk jumlah komunitas developer Github terbesar di dunia. Di atas Indonesia, secara berurutan dari posisi ke-1 hingga ke-7, ada Amerika Serikat, India, China, Brasil, Inggris, Rusia, dan Jerman. 

Dengan kata lain, komunitas developer Github di Indonesia pada 2026 mendatang kemungkinan akan berada di posisi Inggris saat ini, apabila jumlahnya terus tumbuh. 

Github Copilot Workspace dukung Bahasa Indonesia

CEO Microsoft, Satya Nadella membahas komunitas developer Github dalam ajang Microsoft Build: AI Day yang digelar di Plenary Hall, Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat, Selasa (30/4/2024).Kompas.com/BILL CLINTEN CEO Microsoft, Satya Nadella membahas komunitas developer Github dalam ajang Microsoft Build: AI Day yang digelar di Plenary Hall, Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat, Selasa (30/4/2024).

Masih soal Github, Nadella juga memperkenalkan sebuah platform AI baru yang berkaitan dengan platform coding tersebut, yaitu dinamai Github Copilot Workspace.

Dengan platform AI ini, pengguna bisa membuat sebuah kode pemrograman hanya dengan input teks command ke dalam chatbot besutan Microsoft, Copilot yang sudah terintegrasi dengan sistem Github. 

Menariknya, input command yang dimasukkan ke Github Copilot Workspace sudah mendukung Bahasa Indonesia. Artinya, developer Tanah Air bisa memakai platform AI ini untuk membuat satu set kode pemrograman dengan mudah menggunakan bahasa sehari-hari mereka. 

"Dengan Github Copilot Workspace, developer seakan bekerja dengan developer atau programmer lainnya, lantaran Copilot akan mengerti apa yang akan kita buat dengan kode pemrograman tersebut, bahkan dalam Bahasa Indonesia sekalipun," ungkap Senior Manager Github, Karan MV dalam kesempatan yang sama. 

Baca juga: Profil Satya Nadella, CEO Microsoft yang Kunjungi Indonesia Hari Ini

Selain membuat kode berdasarkan command, Github Copilot Workspace juga bisa merangkum segala perubahan yang dilakukan pengguna dalam suatu kode, serta mendeskripsikan dan memberikan saran bagaimana untuk membuat kode tersebut menjadi sempurna. 

Nah, di atas panggung Microsoft Build: AI Day, Karan mendemonstrasikan cara mmemakai Github Copilot Workspace. Hasilnya, ia bisa membuat halaman web sederhana yang berisi informasi login akun hanya dalam beberapa detik. 

Saat ini, Github Copilot Workspace masih dalam tahap Technical Preview. Pengguna atau developer yang tertarik bisa mengisi daftar tunggu (waitlist) yang ada di laman berikut ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com