Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arti POV, Bahasa Gaul yang Sering Dipakai di Media Sosial

Kompas.com - 28/04/2024, 14:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Bahasa gaul di media sosial (medsos) seperti X (dulu Twitter), TikTok, dan lainnya, tak terhitung lagi jumlahnya. Dari sekian banyak bahasa gaul itu, terdapat salah satu kata yang sering dipakai pengguna.

Adapun kata itu adalah POV. Sebagian dari Anda mungkin juga sudah sering melihat kata tersebut muncul di linimasa media sosial. Meski sudah sering melihat kata itu muncul di medsos, beberapa pengguna mungkin belum mengetahui arti POV.

Baca juga: Arti Kata “Core”, Bahasa Gaul yang Lagi Viral di Media Sosial

Lantas, sebenarnya apa itu POV? Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai arti POV sebagai bahasa gaul yang sering dipakai pengguna di medsos.

Arti POV sebagai bahasa gaul di media sosial

Untuk diketahui, di medsos, kata POV kerap dipakai dalam beberapa situasi. Misalnya, kata POV biasa dipakai ketika pengguna hendak mengawali memberikan komentar untuk mengomentari sesuatu.

Kemudian, kata POV juga kerap pula dipakai untuk menunjukkan gambar tertentu yang merupakan bagian dari sebuah peristiwa. Dari kebiasaan penggunaan kata ini di medsos, lalu apa yang dimaksud dengan POV?

Sebagai informasi, kata POV bukan termasuk kosakata dalam bahasa Indonesia, melainkan bahasa Inggris. POV bukan pula kata tunggal. Perlu diketahui, POV adalah kata akronim atau singkatan dari istilah bahasa Inggris “point of view”.

Baca juga: Arti “Pick Me”, Bahasa Gaul yang Sering Dipakai di Media Sosial

Sebagai singkatan dari istilah “point of view”, dalam bahasa Indonesia, arti POV adalah sudut pandang atau perspektif. Kata tersebut bisa dipakai untuk menyebut bagaimana seseorang memandang, melihat, mengalami, atau merasakan sebuah fenomena tertentu.

Dengan arti yang demikian, tak heran bila kata POV kerap dipakai berbarengan dengan pernyataan atau penggambaran yang berasal dari perspektif seseorang atas sebuah kondisi tertentu.

Bila menjumpai pengguna menyertakan kata POV di media sosial maka maksudnya adalah ingin menunjukkan sudut pandang seseorang atas sebuah kondisi. Demikianlah penjelasan arti POV yang sering dipakai di berbagai media sosial, semoga bermanfaat.

Baca juga: Arti Kata Medium Ugly, Bahasa Gaul yang Lagi Ramai di Medsos

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno. Caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com