Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Balap Mobil Tenaga Surya Jakarta-Surabaya PP

Kompas.com - 21/06/2010, 10:27 WIB

AMERIKA, KOMPAS.com Berbicara mobil bertenaga surya, Amerika boleh dibilang berada paling depan. Tak cuma perkembangan, kompetisinya pun sudah bertaraf internasional. Salah satunya adalah ajang The 2010 American Solar Challange (ASC), Minggu lalu, dengan jarak tempuh Jakarta-Surabaya pergi pulang.

Lomba diikuti 17 mobil bebas emisi antara lain yang berasal dari Kanada, Jerman, Taiwan, dan tuan rumah, Amerika. Balapan dimulai dari Broken Arrow, Oklahoma, sampai Paerville, Illinois, yang terbentang sepanjang 1.770 km (atau setara jarak Jakarta-Surabaya). Peserta bersaing menjadi yang tercepat. Pemenang ditentukan dari desain dan bentuk kendaraan.

Di antara para peserta terdapat produsen sel solar terbesar di AS, SolarWorld, yang diwakilkan kendaraan andalan SolarWorld No.1. Sementara itu, mobil dikendarai seorang mahasiswa dari Universitas Bochum, Jerman, jurusan Teknik Sipil.

Kemampuan SolarWorld No.1 telah dibuktikan dalam serangkaian tes, termasuk penghitungan waktu total. Kendaraan ini dibekali lembaran photovoltaic dengan efisiensi tinggi untuk menangkap tenaga surya dan mengubahnya menjadi energi kinetik.

"Mobil balap tenaga surya kami akan menjadi panutan di seluruh AS dengan tenaga bersih berasal dari matahari. Kami telah mengembangkan teknologi ini sejak pertengahan 1970," ujar Kevin Kilkelly, Presiden SolarWorld California, seperti dilansir autoevolution, kemarin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com