Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kiat Aria Rajasa Kembangkan "User Generated Content"

Kompas.com - 13/04/2011, 11:16 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Aria Rajasa berbagi cerita seputar pengalamannya mengembangkan layanan berbasis user generated content di GantiBaju.com. Pemenang Sparx Up Award tahun 2010 ini menjadi pembicara tamu dalam rangkaian roadshow yang diadakan panitia SparxUp di IDS, Epicentrum Walk, Jakarta, Senin (11/4/2011) lalu.

Aria menjadi pembicara tamu karena ia memenangkan SparxUp Award 2010 untuk kategori User Generated Content, sesuai dengan tema seminar tersebut. User Generated Content (UCG) adalah berbagai jenis konten yang tersedia secara publik dan diproduksi oleh para end-user.

Menurut Arya, kunci utama dalam layanan User Generated Content adalah sebuah participatory atau partisipasi. Hal inilah yang dibagi Aria dalam mengembangkan GantiBaju.com. Aria yang mengembangkan creative clothing line, membantu para desainer baju untuk menemukan konsumennya dan sebaliknya.

Berikut beberapa poin kiat Aria Rajasa mengembangkan UCG:

1. Konten berkembang bersama komunitas yang terbentuk dari interaksi di web.

2. Produk yang masuk sudah memiliki "market" sebelum masuk di GantiBaju.com

3. Selalu ada tema yang bisa diikuti oleh para desainer.

4. Aria menentukan standar minimal untuk bisa masuk GantiBaju.com. Bagi desainer yang tidak memenuhi standar masih bisa mengikuti forum sehingga tetap dapat belajar, berkomunikasi dengan desainer lain, dan nantinya ada regenerasi.

5. Memberi insentif seperti 10 persen royalty bagi desainer baju dan vote bagi desainer favorit, yang diperkuat dengan live ranking yang selalu update. Hal ini dapat memotivasi para desainer baju untuk terus meningkatkan kualitas.

6. Membangun relationship para desainer, konsumen. dan pengembang web dengan forum, juga pemberian badges seperti social networking lain yang telah ada.

Hal-hal yang dilakukan Aria tersebut mampu menarik perhatian desainer hingga setiap bulannya mencapai 1.000 desainer yang mendaftarkan diri di web miliknya. Hingga kini, Aria mengaku telah memiliki 16.000 pengguna aktif yang terdiri dari desainer baju dan pembeli.

Selain memenangkan Sparx Up Award 2010, GantiBaju.com telah memenangkan juara 1 kompetisi SWA Startup untuk kategori Bisnis dan predikat Top 100 Application di Asia oleh e27, Singapura.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com